JawaPos Radar

Pemimpin Dunia Bersyukur Anak-anak yang Terjebak di Gua Bisa Keluar

11/07/2018, 13:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pemimpin Dunia Bersyukur Anak-anak yang Terjebak di Gua Bisa Keluar
Trump ikut senang saat mengetahui anak-anak yang terjebak di Gua Tham Luang selamat (AP)
Share this image

JawaPos.com - Berhasilnya operasi penyelamatan terhadap 12 remaja anggota tim sepak bola Wild Boars dan sang pelatih setelah 18 hari terjebak di dalam Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand membuat lega masyarakat dunia. Termasuk para pemimpin dunia. Mereka menyampaikan rasa syukurnya.

Lima orang yang masih terjebak dalam gua berhasil dievakuasi dengan selamat, Selasa malam (10/9). Mereka akhirnya terselamatkan setelah terjebak banjir di dalam gua.

Kabar mengharukan sekaligus membahagiakan tersebut sontak mengundang reaksi dan simpati para pemimpin dunia. Mereka mengucapkan selamat atas keberhasilan para tim penyelamat dalam operasi yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut.

Pemimpin Dunia Bersyukur Anak-anak yang Terjebak di Gua Bisa Keluar
Anak-anak yang terjebak di Gua Tham Luang akhirnya selamat (Infografis: Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump melalui akun Twitter-nya mengatakan, "Atas nama Amerika Serikat, selamat kepada Angkatan Laut Thailand SEAL dan semua yang terlibat dalam proses penyelamatan 12 remaja dan pelatih mereka dari gua berbahaya di Thailand. Ini adalah momen yang indah, semuanya terselamatkan. Kerja bagus!"

Selain itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May juga menyampaikan sukacitanya atas berhasilnya penyelamatan tersebut. Melalui akun Twitter-nya, ia menuliskan, "Dunia sedang menyaksikan dan akan menghormati keberanian semua orang yang terlibat."

Selain Trump dan Theresa May, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga turut memuji para penyelamat yang sudah berjuang dalam operasi rumit tersebut. Menurutnya itu adalah kekuatan luar biasa jiwa manusia.

Seperti dilansir Channel News Asia, melalui akun Facebook-nya, dia menuliskan "Ini adalah kisah inspiratif tentang apa yang bisa dicapai oleh negara dan kelompok yang berbeda dengan kerja sama."

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up