JawaPos Radar

Ribuan Orang Terpana Pertunjukkan Boneka Air Vietnam

11/06/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Ribuan Orang Terpana Pertunjukkan Boneka Air Vietnam
Pertunjukkan boneka air di Vietnam (AFP)
Share this

JawaPos.com - Pertunjukan boneka air di Vietnam masih jadi magnet utama bagi para wisatawan. Pertunjukan boneka air itu digelar setiap Minggu di Teater Thang Long bahkan berhasil menarik ribuan penonton.

Dalam sebuah teater yang gelap di Hanoi Tengah, seekor naga kayu muncul dari kolam dengan efek suara mendentum menabrak air dalam pertunjukan boneka air tradisional yang berhasil memikat ratusan wisatawan setiap harinya.

Pertunjukan yang digelar di Teater Thang Long Hanoi telah menjadi tujuan wisata terkenal karena dapat menarik ribuan penonton setiap minggu. Termasuk para wisatawan yang baru pertama kali menyaksikan pertunjukan itu.

Ribuan Orang Terpana Pertunjukkan Boneka Air Vietnam
Pertunjukkan boneka air di Vietnam (AFP)

Para wisatawan asing lantas dibuat takjub dengan pertunjukan tersebut. Seorang turis asal Amerika Serikat (AS) Caroline Thomoff mengatakan, ia baru pertama kalinya melihat pertunjukan boneka air. "Saya benar-benar dapat melihat orang memancing, menari, dan semua pertunjukkan itu berbeda," katanya.

Di balik layar bambu yang tipis terdapat sekitar 20 dalang yang mengendalikan boneka-boneka dengan tongkat panjang. Salah satu dalang, Nguyen Thu Hoai mengatakan, boneka-boneka tersebut cukup berat dan air juga sedikit membuat kesulitan.

"Namun pelatihan selama bertahun-tahun dan pengalaman, membantu kami mengendalikan mereka," ujar Hoai. Para Dalang termasuk Hoai dan rekan-rekannya kebanyakan adalah lulusan Perguruan Tinggi Teater dan Bioskop Hanoi.

Seni boneka air lahir di Vietnam berabad-abad lalu yang muncul pertama kali di sawah sebagai hiburan para petani. Beberapa boneka memiliki bobot seberat 10 kilogram dan yang terbesar adalah boneka yang menyerupai peri setinggi satu meter bahkan membutuhkan empat orang untuk mengendalikannya seperti dilansir AFP, Minggu, (10/6).

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up