alexametrics

Puluhan Tahanan Brasil Tewas Saat Berusaha Kabur

11 April 2018, 19:05:22 WIB

JawaPos.com – Sejumlah narapidana di sebuah penjara di Kota Belem, Brasil utara tewas saat berusaha kabur secara masal. Seperti dilansir AFP, Rabu, (11/4), mereka dibantu oleh kelompok bersenjata di luar penjara yang menggunakan bahan peledak untuk merusak salah satu dinding penjara.

Akibat ledakan tersebut satu penjaga meninggal, serta 19 tahanan dan beberapa orang lainnya juga tewas.

Pihak berwenang masih mencoba menentukan apakah ada tahanan yang berhasil melarikan diri. Tahun lalu, 56 orang tewas dalam sebuah pemberontakan di sebuah penjara di Kota Manaus di wilayah Amazon, Brasil.

Dalam upaya kabur itu, bahan peledak digunakan untuk meledakkan salah satu dinding. Upaya itu didukung oleh kelompok bersenjata.

Menurut laporan awal, para tahanan juga memiliki senjata di dalam penjara. Penjaga penjara berjuang mempertahankan keamanan penjara dengan memberikan tembakan yang intens, persis seperti peperangan.

Korban jatuh yang sudah dikonfirmasi sejauh ini termasuk 20 tahanan dan penyerang dari luar, juga satu penjaga. Lima penjaga lainnya terluka, termasuk satu yang serius.

Polisi telah menemukan dua senapan dan lima pistol di tempat kejadian. Brasil adalah salah satu negara paling mematikan di dunia, dengan sekitar 60.000 pembunuhan per tahun.

Selain itu penjaranya terkenal penuh sesak dan penuh kekerasan. Ada 726.712 narapidana per Juni 2016 dan kapasitas penjara hanya 368.000.

Geng-geng narkoba yang kuat secara rutin mengambil alih peperangan mereka dari jalan-jalan di Rio de Janeiro dan kota-kota besar lainnya ke dalam fasilitas penjara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/iml/trz/JPC)



Close Ads
Puluhan Tahanan Brasil Tewas Saat Berusaha Kabur