alexametrics

Siti Aisyah Tiba di Indonesia Sore Ini

11 Maret 2019, 13:52:41 WIB

JawaPos.com – Siti Aisyah, dikabarkan pulang ke Indonesia hari ini, Senin (11/3). Kepulangannya itu setelah Hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam di Malaysia, mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan kasus pembunuhan terhadap Kim Jong Nam.

“Info yang saya dapat dari SLO Kepolisian Indonesia yang ada di KBRI Kuala Lumpur bahwa untuk Saudara Aisyah rencana siang ini sekitar jam 2 atau jam 3, selesai menjalani persidangan akan dipulangkan ke Indonesia,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin (11/3).

Katanya, dalam kepulangan ini, bisa saja Aisyah didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly atau Wakil Duta Besar RI di Kuala Lumpur. Lebih lanjut, Dedi menyampaikan, pembebasan Aisyah dari jerat hukum merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia yang memiliki hubungan bilateral sangat erat.

“Proses komunikasi ini tentu dari Kemenkumham yang paling berkompeten. Dari komunikasi saudara Siti Aisyah bisa dikembalikan ke Indonesia,” tuturnya.

Polri sendiri dalam hal ini membantu kelancaran setiap proses penyidikan yang dilakukan Kepolisian setempat. “Kami menjunjung tinggi suatu negara karena menyangkut kedaulatan hukum,” sebut Dedi.

Kebebasan Aisyah katanya, kemungkinan ada pertimbangan bahwa Polri berhasil menyita kapal pesiar super mewah Equanimity senilai Rp 3,5 triliun saat merapat di Bali. Adapun kapal tersebut kata pemerintah Malaysia dibeli dengan uang yang dikorupsi dari 1MDB, perusahaan investasi negara yang diterpa skandal korupsi dan melibatkan mantan PM Nadjib Razak.

“Berbagai pertimbangan salah satunya itu ya. Komunikasi bilateral dengan Malaysia sudah sangat baik. Setiap WN Indonesia akan dikomunikasikan secara diplomasi dengan baik,” ujar Dedi.

Sekadar informasi, Siti Aisyah merupakan salah satu terdakwa dalam pembunuhan Kim Jong Nam, saudara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di Malaysia pada 13 Februari 2017.

Hari ini dia menerima putusan pembebasan yang diputuskan oleh Hakim Azmin Ariffin dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam Malaysia. Dalam putusannya, Hakim Azmin mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan pembunuhan tersebut.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Close Ads
Siti Aisyah Tiba di Indonesia Sore Ini