alexametrics

2 Kali Kecelakaan, Tiongkok Tangguhkan Semua Pesawat Boeing 737 Max 8

11 Maret 2019, 17:06:57 WIB

JawaPos.com – Maskapai di beberapa negara telah menangguhkan penggunaan pesawat baru model Boeing 737 MAX 8, karena kekhawatiran mengenai keselamatan. Hal ini dilakukan setelah penerbangan Ethiopian Airlines dengan model yang sama jatuh beberapa menit setelah lepas landas pada Minggu (10/3), dan menewaskan seluruh penumpang.

Penerbangan ET302 ke Nairobi itu baru saja berangkat dari Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa. Pilot sempat melaporkan masalah teknis dan meminta izin untuk kembali. Nahas, pesawat jatuh setelah laporan itu.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan pesawat, ethiopian airlines, lion air jatuh,
Penerbangan ET302 ke Nairobi itu baru saja berangkat dari Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa. Pilot sempat melaporkan masalah teknis dan meminta izin untuk kembali. Nahas, pesawat jatuh setelah laporan it (AFP)

Ketika investigasi kecelakaan sedang berlangsung, Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok memerintahkan semua penerbangan Boeing 737 MAX 8 domestik ditangguhkan.

Seperti diketahui, Tiongkok memiliki salah satu armada Boeing 737 MAX 8 terbesar di dunia, yang mengoperasikan 97 pesawat.

Ini insiden kedua dalam waktu kurang dari enam bulan, bahwa sebuah pesawat Boeing jatuh hanya beberapa menit dalam penerbangan. Penerbangan Lion Air Boeing 737 MAX 8 jatuh di atas perairan Karawang pada Oktober lalu, menewaskan 189 orang di dalamnya.

Kedua kecelakaan sedang diselidiki dan tidak ada bukti hubungan antara keduanya, tetapi kesamaan dalam insiden telah mendorong kehati-hatian di antara beberapa maskapai.

“Pesawat-pesawat tersebut baru saja dikirim dari Boeing 737 MAX 8, dan kedua kecelakaan terjadi selama lepas landas, mereka memiliki kesamaan tertentu,” kata Pemerintah Tiongkok dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN pada Senin (11/3).

Pemerintah Tiongkok menambahkan, pihaknya akan menghubungi Boeing dan Administrasi Penerbangan Federal AS untuk mengonfirmasi masalah keselamatan penerbangan sebelum mengizinkan pesawat terbang lagi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
2 Kali Kecelakaan, Tiongkok Tangguhkan Semua Pesawat Boeing 737 Max 8