JawaPos Radar

Pengamanan Superketat untuk Mobil Raja Salman

11/03/2017, 11:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Pengamanan Superketat untuk Mobil Raja Salman
Mobil Raja Salaman dijaga ketat oleh petugas saat melintas. (Made Nagi/Epa/Radar Bali)
Share this

Pengamanan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz bisa dibilang tidak main-main. Jangankan Rajanya, dua unit Mercedes-Benz yang dibawa langsung dari  Arab dijaga 24 jam. Seperti apa penjagaannya?

ANDRE SULLA-Nusa Dua

Walaupun besok Mingga (12/3), sudah meninggalkan Bali. Namun kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Bali ini juga bisa disebut bersejarah karena inilah untuk pertama kalinya raja Arab berkunjung ke Indonesia dalam 47 tahun terakhir.

Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose menyebut ribuan anggota yang tergabung dari TNI/Polri disebut-sebut sukses mengawal dan mengamankan raja beserta rombongan yang berjumlah kurang lebih 150 orang ini.

Walaupun hanya di luar hotel, namun sampai saat ini tidak ada gangguan serius walaupun ada 4 orang yang dikatakan tidak waras mencoba untuk masuk ke dalam Hotel ST Regis dan bertemu dengan Raja juga seorang Putri Raja.

Pun pengamanan di dalam di dalam hotel mewah tempat menginapnya raja. Waupun Jawa Pos Radar Bali sulit menembus aktivitas pengamanan Raja salaman di dalam hotel yang belakangan dikabarkan diambil alih itu, namun aktivitas pengamanan mobil mewah yang di bawa langsung dari Arab berhasil digambarkan dalam tulisan.

Dari sumber-sumber tepercaya, pengamanan raja tidak bisa terpantau. Karena selain hotel diambilalih, pengamanan di dalam hotel pun diambil oleh tim pengamanan Arab.

Seperti yang dikatakan beberapa waktu lalu, jangankan di dalam hotel, aktivitas mandi raja di laut dalam sehari dua kali tidak bisa dilihat langsung.

“Kecuali pengamanan khusus dua unit Mercy (Mercedes-Benz) S-600 Class yang dibawa langsung dari Arab Saudi. Beberapa hari terakhir sempat terpantau dari kejauhan,” tutur sumber Jawa Pos Radar Bali.

Petugas yang enggan disebut ini menyatakan, bahwa diduga pengamanan raja, bahkan pengamanan aktivitas raja bisa digambarkan dengan pengamanan terhadap mobil raja. Bahkan pengamanan raja bisa lebih dari pengamanan di parkiran tempat garasi mobil yang terletak di barat lobby hotel itu.

Di sana, cerita sumber, parkiran mobil posisinya memanjang satu atap namun bisa menampung puluhan mobil. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa sisi tak jauh dari lokasi tersebut ada parkiran mobil juga.

Namun kawasan tersebut dikosongkan dan khusus untuk dua mobil Mercedes-Benz S-600, antipeluru dengan masing-masing mobil 9 ton. Seperti yang dikatakan oleh Salah satu Koordinator Transportasi untuk Kerajaan Arab dari Bali Victory, Ridwan Al Rizal, yakni Raja Salman selama di Bali naik satu dari dua  Mercy (Mercedes-Benz) S-600 Class yang dibawa langsung dari Arab Saudi. Anti peluru dan beratnya 9 ton.

"Raja Salman bawa dua unit Mercedes-Benz S-600 dari Arab langsung, antipeluru. Berat masing-masing mobil 9 ton," tutur Ridwan saat ditemui di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, sebelum Raja Salman ke Bali.

Lanjut sumber, petugas yang jaga pun silih berganti selama 24 jam sampai berita ini diterbitkan.  "Bergantian sistem jaga nya. Ada yang berpakaian layak seragam pengamanan raja yakni menggunakan rompi cokelat. Ada juga yang terlihat menggunakan pakaian preman. Aktifitasnya seperti biasa terkadang duduk di kursi yang sudah dilengkapi meja persisnya di depan parkiran dua mobil yang diparkir bersampingan itu. Terkadang berdiri namun terus memantau ke sekitarnya,” imbuh sumber.

Sejak mobil itu datang pada akhir bulan Februari (sebelum raja salman tiba), posisi mobil itu sampai saat ini tetap seperti semula walaupun sempat digunakan Raja Salman saat dijemput di bandara.

“Kedua mobil itu tidak pernah keluar dari garasi selama Raja Minyak itu tidak keluar. Sampai saat ini ia belum terpantau keluar dari hotel sejak datang ke Bali. Posisi parkir, bagian depan mobil menghadap ke dalam dan bumper belakang mobil yang terlihat bernopol Arab Saudi itu menghadap ke arah penjaga atau arah halaman hotel.

Informasi yang beredar mobilnya dipulangkan setelah Raja Salaman tiba di Negaranya,” tutup Sumber ini, Jumat kemarin siang (10/3).
Kepala Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai, Budi Harjanto membenarkan terkait kepulangan Raja Salman dan Mobilnya.

“Ya hasil rapat pihak terkait, kita akan melakukan pemeriksaan di hotel terkait barang bawaan, tiga jam sebelum berangkat barang-barang raja dan rombongan di periksa. Namun pemeriksaannya standar VVIP, seperti kedatangan waktu lalu sehingga sampai di bandara tinggal naik ke pesawat saja. Kalau mobil raja itu benar dikabarkan akan belakangan di bawa pulang dengan pesawat khusus nantinya akan diperiksa juga mobil itu, ya seperti waktu datang,” tukas nya. (dre/iil/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up