alexametrics

Waduh, Beruang Kutub Invasi Pulau Milik Rusia

11 Februari 2019, 14:52:23 WIB

JawaPos.com – Sebuah daerah terpencil di Rusia dinyatakan dalam keadaan darurat akibat invasi puluhan beruang kutub di permukiman penduduk. Dilansir dari BBC pada Sabtu (9/2), pihak berwenang di Kepulauan Novaya Zemlya, Rusia, rumah bagi beberapa ribu orang menyatakan, terdapat sejumlah kasus beruang menyerang orang dan memasuki bangunan publik atau tempat tinggal penduduk.

Pada umumnya, beruang kutub pergi dari wilayahnya karena dipaksa oleh perubahan iklim. Beruang kutub terpaksa keluar dari area perburuannya ke daratan demi mencari makanan.

Rusia menggolongkan beruang kutub sebagai satwa terancam punah. Perburuan beruang kutub pun dilarang. Badan Lingkungan Federal menolak untuk mengeluarkan lisensi untuk menembak mereka.

beruang kutub, rusia, pulau, invasi,
Dengan es di Kutub Utara berkurang akibat perubahan iklim, beruang kutub dipaksa untuk mengubah kebiasaan berburu mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu di darat mencari makanan (Reuters)

Beruang kutub saat ini tak takut lagi terhadap patroli polisi dan sinyal yang digunakan untuk memperingatkan mereka. Oleh karena itu diperlukan tindakan yang lebih drastis. Ini menurut para pejabat setempat.

Mereka mengatakan, jika cara lain untuk menakuti beruang gagal, pemusnahan bisa menjadi satu-satunya jawaban. Pemukiman utama kepulauan itu, Belushya Guba melaporkan total 52 beruang di sekitarnya, dengan antara enam dan 10 beruang terus-menerus tinggal di sana,

Kepala Administrasi Lokal Vigansha Musin mengatakan, lebih dari lima beruang berada di wilayah garnisun militer setempat, tempat pasukan pertahanan udara. “Saya telah tinggal di Novaya Zemlya sejak 1983,” katanya dalam siaran pers resmi. “Tidak pernah ada invasi massal beruang kutub seperti ini,” ujarnya.

“Orang-orang takut, takut meninggalkan rumah mereka, rutinitas sehari-hari mereka tergangu. Orangtua tidak mau membiarkan anak-anak mereka pergi ke sekolah atau taman kanak-kanak,” kata Wakil Kepala Pemerintahan Lokal, Alexander Minayev.

Dengan es di Kutub Utara berkurang akibat perubahan iklim, beruang kutub dipaksa untuk mengubah kebiasaan berburu mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu di darat mencari makanan. Ini berpotensi menempatkan mereka dalam konflik dengan manusia.

Pada 2016, lima ilmuwan Rusia dikepung oleh beruang kutub selama beberapa minggu di stasiun cuaca terpencil di pulau Troynoy, sebelah timur Novaya Zemlya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Waduh, Beruang Kutub Invasi Pulau Milik Rusia