alexametrics

Simpanse Mau Kabur dengan Membuat Tangga dari Ranting Pohon

11 Februari 2019, 18:30:59 WIB

JawaPos.com – Sekelompok simpanse menggunakan cabang-cabang pohon yang putus akibat badai untuk dijadikan tangga. Mereka membuat tangga dari ranting pohon untuk melarikan diri dari kebun binatang. Dilansir dari Geek, video yang difilmkan oleh para pengunjung Kebun Binatang Belfast di Irlandia Utara itu menangkap simpanse dengan memanjat dinding dan bertengger di atasnya.

Salah satu primata itu dapat terlihat berjalan menyusuri jalan di luar kandang. Kebun Binatang Belfast mengatakan kepada BBC bahwa simpanse membuat tangga improvisasi dari cabang pohon besar yang disandarkan di dinding.

Manajer Kebun binatang Alyn Cairns mengatakan, pohon-pohon di kandang simpanse lemah akibat terjangan badai sehingga membuatnya lebih mudah putus.

simpanse, kabur, ranting pohon,
Sekelompok simpanse menggunakan cabang-cabang pohon yang putus akibat badai untuk dijadikan tangga. Mereka membuat tangga dari ranting pohon untuk melarikan diri dari kebun binatang (Geek)

Seorang pengunjung, Danielle Monaghan, yang membagikan video tentang pelarian simpanse itu di Facebook mengatakan kepada BBC bahwa dia ketakutan simpanse itu mungkin menyerang atau mengambil anak-anak. Tetapi dia mengatakan, hewan itu tidak agresif dan dia hanya menonton dan itu pengalaman luar biasa.

Seperti dilansir Geek, pejabat kebun binatang mengatakan, penjaga kebun binatang hadir ketika simpanse dengan cepat kembali dari dinding yang berdekatan ke seluruh kelompok di dalam kandang.

“Mereka primata yang cerdas dan tahu mereka tidak seharusnya keluar dari kandang mereka, jadi kembalilah ke diri mereka sendiri,” kata Cairns kepada BBC. Kebun binatang akan meninjau apakah akan memotong pohon di kandang, atau membuatnya lebih kecil.

Dua minggu lalu, panda merah langka juga melarikan diri dari Kebun Binatang Belfast ketika pagar listriknya gagal berfungsi. Hewan itu ditangkap kembali di jalan masuk rumah terdekat.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Simpanse Mau Kabur dengan Membuat Tangga dari Ranting Pohon