alexametrics

Ratusan Intelijen Rusia dan Tiongkok Beroperasi di Brussels

11 Februari 2019, 13:48:07 WIB

JawaPos.com – Ratusan agen intelijen Rusia dan Tiongkok beroperasi di Brussels, Belgia. Uni Eropa yang membidangi urusan luar negeri, European External Action Service atau EEAS, mengeluarkan peringatan, sekitar 250 intelijen Tiongkok dan sekitar 200 intelijen Rusia beroperasi di Brussels, Belgia.

Mereka sibuk memata-matai markas besar Uni Eropa. Menurut laporan itu, para diplomat Uni Eropa telah disarankan untuk menjauh dari bagian-bagian tertentu dari kawasan Eropa Brussels, termasuk restoran steak yang populer dan kafe di dekat bangunan utama Komisi Eropa.

intelijen rusia, intelijen tiongkok, brussels, uni eropa,
Ilustrasi, intelijen Rusia sedang melakukan operasi mata-mata (Inlander)

Dilansir dari DW, Kepala Diplomat Uni Eropa Federica Mogherini, agen-agen intelijen ini terutama berbasis di kedutaan atau misi dagang negara asal mereka. Tanpa mengutip angka, dia menambahkan, Rusia secara historis memiliki sejumlah besar agen yang ditempatkan di berbagai kota.

Dimata-matai oleh negara-negara asing adalah rahasia umum di Brussel. Mengingat pentingnya kota itu yang merupakan ibukota de facto Uni Eropa dan juga rumah bagi NATO.

Sebuah skandal meletus pada 2003 setelah perangkat penyadap ditemukan di gedung Justis Lipsius Dewan Eropa, di kantor-kantor yang digunakan oleh diplomat Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol. Sementara pelakunya tidak pernah terungkap, kecurigaan diarahkan pada Israel dan AS.

Seperti dilansir Radio Free Europe Radio Liberty, selain operasi dari Rusia dan Tiongkok, agen Amerika dan Maroko juga diyakini aktif di Brussels.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Ratusan Intelijen Rusia dan Tiongkok Beroperasi di Brussels