alexametrics

Australia Beli 12 Kapal Selam Prancis

11 Februari 2019, 11:20:17 WIB

JawaPos.com – Australia menandatangani kontrak produksi dengan pembuat kapal Prancis Naval Group. Austraia membeli 12 kapal selam baru, senilai USD 35,5 miliar. Pembelian ini mengakhiri pertikaian selama dua tahun yang menimbulkan keraguan pada salah satu kesepakatan pertahanan paling menguntungkan di dunia.

Dilansir dari Reuters, sebelumnya Australia memilih Prancis sebagai pilihan untuk pembuatan armada kapal selam pada tahun 2016, di samping tawaran lain dari Jepang dan Jerman. Namun, kontrak  ditunda di tengah laporan media domestik tentang ledakan biaya dan penundaan produksi.

Australia dan Naval Group akhirnya menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis, kontrak keseluruhan untuk memandu pembangunan kapal selam. Kontrak ini juga untuk mengakhiri kebuntuan antara kedua belah pihak.

kapal selam, prancis, australia,
Pembelian ini mengakhiri pertikaian selama dua tahun yang menimbulkan keraguan pada salah satu kesepakatan pertahanan paling menguntungkan di dunia (AFP)

“Ini berarti kami memastikan, kami berada di garis depan untuk kapal angkatan laut terbaru dan senjata,” kata Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan kepada wartawan di Canberra seperti dilansir Reuters, Senin (11/2).

Sebanyak 12 kapal selam baru Australia bertujuan untuk memperluas militernya guna melindungi kepentingan strategis dan perdagangan di kawasan Asia-Pasifik. Kapal selam baru pertama dijadwalkan akan dikirim pada awal 2030-an dan kapal terakhir dikirim pada 2050-an.

Australia menolak tawaran dari Mitsubishi Heavy Industries Jepang dan Kawasaki Heavy Industries, serta ThyssenKrupp AG Jerman, ketika menerima tawaran Perancis.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Australia Beli 12 Kapal Selam Prancis