alexametrics

Vietnam atau Singapura, Pilihan KTT ke-2 Trump dan Kim Jong Un

11 Januari 2019, 15:24:07 WIB

JawaPos.com – Tempat yang akan dipilih untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kemungkinan adalah Singapura atau Vietnam. Hal ini dilaporkan oleh media Korea Selatan pada Jumat (11/1).

“Tempat-tempat yang harus Anda perhatikan adalah yang disebutkan oleh media termasuk Vietnam, Singapura, dan Hawai,” kata seorang pejabat anonim di kementerian urusan luar negeri Korea Selatan.

“Tapi Hawai dikatakan sebagai lokasi yang tidak realistis karena tidak memiliki kedutaan Korea Utara di sana,” kata pejabat lain.

vietnam, singapura, ktt, kim jong un, trump,
Tempat yang akan dipilih untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 antara Trump dan Kim Jong Un kemungkinan Vietnam atau Singapura (AFP)

Meskipun Pemerintah Korea Selatan berharap Panmunjom yang terletak di Zona Demiliterisasi antara Korea Utara dan Selatan, akan menjadi tuan rumah KTT kedua. Namun, ini tidak mungkin, menurut salah satu pejabat.

“Kami ingin mengadakan pertemuan di Panmunjom, tetapi kemungkinan ini menjadi kenyataan tampaknya tipis,” salah satu pejabat mengatakan.

Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada hari Kamis mengatakan KTT AS-Korea Utara kedua akan berlangsung segera.

Sementara itu, dilaporkan awal pekan ini bahwa pejabat Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini bertemu beberapa kali dengan rekan-rekan Korea Utara mereka di Hanoi untuk membahas perencanaan KTT kedua antara kedua negara, memicu spekulasi bahwa Ibu Kota Vietnam dapat menjadi tuan rumah acara tersebut.

Trump kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa kedua negara menegosiasikan lokasi untuk pertemuan puncak kedua, dan bahwa ini akan diumumkan mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Vietnam atau Singapura, Pilihan  KTT ke-2 Trump dan Kim Jong Un