alexametrics

Moon Minta Jepang untuk Bersikap Lebih Rendah Hati

11 Januari 2019, 12:08:24 WIB

JawaPos.com – Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In mengatakan, para pemimpin politik Jepang tidak boleh merusak hubungan bilateral, dengan mempolitisasi masalah kerja paksa. Seperti di ketahui, selama Perang Dunia Kedua beberapa orang Korsel dipaksa bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang.

Dilansir dari Reuters, hubungan kedua negara di Asia Timur tersebur membeku sejak pengadilan tinggi Korsel memutuskan bahwa Nippon Steel & Sumitomo Metal Corp harus memberi kompensasi kepada empat mantan buruh pada Oktober lalu. Jepang kemudian mengklaim bahwa kapal perang Korsel telah mengunci radar di pesawat patroli Jepang.

Pada Rabu (10/1), Tokyo menuntut konsultasi diplomatik dengan Seoul setelah pengadilan Korsel menyetujui penyitaan sebagian aset domestik pembuat baja Jepang. Korsel menyebut langkah itu sangat disesalkan.

Moon meminta Pemerintah Jepang untuk bersikap lebih rendah hati dalam menghadapi masalah pada masa perang dan untuk menghormati keputusan peradilan. Dia mengatakan, pemerintahannya tidak dapat memberikan pengaruh apa pun.

“Kami telah mengatakan bahwa kami harus melanjutkan diskusi diplomatik tentang masalah ini dan tidak boleh melukai hubungan kami dengan Jepang,” kata Moon.

“Saya pikir tidak bijaksana bagi politisi dan pemimpin Jepang untuk terus mempolitisasi, membuat sumber kontroversi dan menyebarkannya,” katanya.

Korea Selatan dan Jepang mempunyai sejarah pahit yang meliputi penjajahan Jepang 1910-1945 di Semenanjung Korea. Antara lain mobilisasi tenaga kerja paksa di perusahaan-perusahaan Jepang dan penggunaan wanita penghibur. Banyak dari mereka perempuan Korea masa itu dipaksa untuk bekerja di rumah bordil.

Masalah-masalah itu belum diselesaikan sampai ada perjanjian 1965 yang menormalisasi hubungan. Selain itu, kedua negara harus berusaha menemukan cara untuk menyembuhkan luka-luka jiwa para korban.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Moon Minta Jepang untuk Bersikap Lebih Rendah Hati