alexametrics

Leaving Neverland, Film 2 Bocah Korban Pelecehan Michael Jackson

11 Januari 2019, 13:44:55 WIB

JawaPos.com – Sebuah film dokumenter dikecam keluarga Jackson karena menuduh Michael Jackson melakukan pelecehan seksual terhadap dua bocah laki-laki. Keluarga Jackson mengatakan, film ini keterlaluan dan menyedihkan karena mengeksploitasi nama Michael Jackson.

Film berjudul Leaving Neverland, yang akan tayang perdana di Sundance Film Festival akhir bulan ini, menceritakan kisah dua pria yang kini berusia 30-an. Dua pria itu mengaku sebagai korban pelecehan seksual oleh King of Pop ketika mereka berusia tujuh dan 10 tahun.

“Ini adalah satu lagi produksi mengerikan dalam upaya keterlaluan dan menyedihkan untuk mengeksploitasi nama Michael Jackson,” kata pihak keluarga dalam sebuah pernyataan dilansir dari AFP.

leaving neverland, korban pelecehan, pelecehan seksual, michael jackson,
Anak laki-laki sering menjadi korban pelecehan pedofil (Public Radio International)

Sebuah sinopsis berbunyi, “Pada puncak ketenarannya, Michael Jackson memulai hubungan jangka panjang dengan dua anak lelaki, berusia tujuh dan 10 tahun.”

“Sekarang di usia 30-an, mereka bercerita tentang bagaimana mereka dilecehkan secara seksual oleh Jackson, dan bagaimana mereka bisa menerima kenyataan itu bertahun-tahun kemudian,” lanjut sinopsis tersebut.

Pembuat film tersebut telah mengonfirmasi kepada majalah Rolling Stone bahwa para korban pelecehan yang ditampilkan dalam film dokumenter tersebut adalah koreografer Wade Robson, yang mengajukan gugatan terhadap Jackson pada 2013 dan mengklaim penyanyi itu mencabuli dirinya ketika ia berusia tujuh tahun, dan James Safechuck, yang menggugat Jackson atas tuduhan pelecehan seksual.

Namun, kedua tuntutan hukum tersebut dibatalkan pada tahun 2017. Sutradara Dan Reed terus membela film dokumenter soal Jackson tersebut.

“Jika ada sesuatu yang telah kita pelajari selama ini dalam sejarah kita, itu adalah pelecehan seksual dan itu rumit, dan suara penyintas pelecehan seksual perlu didengarkan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Butuh keberanian besar bagi kedua orang ini untuk menceritakan kisah mereka dan saya tidak memiliki pertanyaan tentang validitas mereka,” lanjut Reed.

“Saya yakin siapa pun yang menonton film ini akan melihat dan merasakan dampak emosional pada para pria dan keluarga mereka dan akan menghargai untuk menghadapi rahasia yang disimpan lama.”

Jackson, yang meninggal pada 25 Juni 2009, menghadapi banyak tuduhan pelecehan seks anak selama masa hidupnya.

Dia dibebaskan dari pelecehan di pengadilan di California pada 2005 dan membayar 15 juta USD untuk penyelesaian pengadilan pada tahun 1994 atas tuduhan yang melibatkan anak lain.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Leaving Neverland, Film 2 Bocah Korban Pelecehan Michael Jackson