Tiongkok Pesan 184 Pesawat Airbus

Ngeri, Tiongkok Berambisi Kuasai Pasar Penerbangan Dunia

11/01/2018, 06:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pesawat Airbus (AFP)
Share this

JawaPos.com - Tiongkok memesan 184 pesawat Airbus A320 untuk dikirim ke 13 maskapai penerbangan. Ini merupakan langkah ambisius Negeri Tirai Bambu tersebut untuk menguasai pasar penerbangan dunia.

Pemesanan pesawat tersebut terjadi saat Presiden Perancis Emmanuel Macron melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok.

Seperti dilansir AFP, tidak diungkapkan berapa nilai kesepakatan tersebut. Namun untuk pesawat single aisle setidaknya total bisa mencapai USD 18 miliar. Pesawat tersebut akan dikirim pada 2019 dan 2020.

Pesawat (Metro)

Pengumuman tersebut disampaikan sehari setelah Macron mengadakan pembicaraan dengan Presiden Tiongkok Xi Jin Ping. Mereka juga melakukan penandatanganan beberapa kesepakatan bisnis yang jumlahnya tidak diungkapkan.

"Ini adalah sesuatu yang akan segera selesai," kata Macron pada sebuah konferensi pers pada hari Rabu, (10/1).

Presiden Xi, ujar Macron, menegaskan kalau Tiongkok akan melakukan pemesanan tahun depan. Selain itu juga akan mempertahankan paritas dengan pangsa pasar Airbus dan Boeing.

Airbus telah mengumumkan sebuah kesepakatan untuk meningkatkan produksi A320 di Tiongkok. Selama ini Tiongkok adalah pasar penerbangan kedua terbesar di dunia, membuatnya menjadi pilihan persaingan antara Airbus dan Boeing.

Ketika Presiden AS Donald Trump mengunjungi Beijing pada bulan November, Tiongkok setuju untuk membeli 300 pesawat Boeing senilai sekitar USD 37 miliar. Kedirgantaraan AS memperkirakan kalau Tiongkok akan membutuhkan 7.240 pesawat komersial selama 20 tahun ke depan.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi