alexametrics

Rekor Suhu Baru di 29 Negara

10 Oktober 2019, 16:26:15 WIB

JawaPos.com – Belahan bumi utara gerah. Musim panas tahun ini benar-benar sesuai dengan namanya: panas. Berdasar analisis Lembaga Iklim Berkeley Earth, California, ada 396 rekor temperatur baru di 29 negara pada 1 Mei-30 Agustus. Salah satunya adalah Prancis yang suhu rata-ratanya 46 derajat Celsius.

Dilansir BBC, sepertiga rekor temperatur tertinggi sepanjang sejarah ada di kota-kota di Jerman. Selanjutnya, disusul kota di Prancis dan Belanda. Di Edinburgh, Skotlandia, rekor hari paling panas terjadi pada 25 Juli. Yaitu, mencapai 31,6 derajat Celsius. Prancis, Jerman, Belgia, Luksemburg, Belanda, serta beberapa negara Eropa lainnya bahkan harus mengalami dua kali gelombang panas. Beberapa data Berkeley Earth diambil dari pengukuran di stasiun prakiraan cuaca di belahan bumi utara yang sudah beroperasi setidaknya selama 40 tahun.

DEMI IKLIM: Demonstran dari kelompok Extinction Rebellion beraksi di Berlin, Jerman, kemarin (9/10). (MICHAEL SOHN/AP)

Peneliti utama Berkeley Earth Dr Robert Rohde menegaskan, musim panas tahun ini terkenal dengan pecahnya rekor temperatur di Eropa. ”Beberapa negara di Eropa memiliki sejarah observasi cuaca sejak 150 tahun lalu. Tapi, tetap saja saat ini masih ada rekor sejarah tertinggi sepanjang masa,” tegas Rohde.

Di luar Eropa, rekor temperatur yang tinggi juga muncul. Di AS, misalnya, ada 30 kota yang temperaturnya memecahkan rekor. Di Jepang, ada 10 lokasi. Bahkan, sebelas orang meninggal di Negeri Sakura akibat serangan gelombang panas. ”Saat bumi menghangat, stasiun prakiraan cuaca lebih mudah mencatat pemecah rekor.”

Dia menambahkan, meningkatnya rekor temperatur adalah bagian dari tren jangka panjang pemanasan global.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c14/dos)



Close Ads