alexametrics

8 Anak Tim Sepakbola yang Terjebak di Gua Thailand Diselamatkan

10 Juli 2018, 09:27:35 WIB

JawaPos.com – Total delapan dari 12 anak anggota tim sepakbola muda Thailand yang terjebak di dalam Gua Tham Luang  sudah berhasil dievakuasi keluar dari gua. Tersisa empat anak dan seorang pelatihnya yang tertinggal di dalam. Mereka akan diselamatkan tergantung kondisi cuaca.

Tantangan bagi tim penyelamat sendiri adalah hujan lebat yang diperkirakan akan kembali membanjiri gua. Volume air akan terus meningkat ketika hujan deras tak berhenti.

Tim penyelamat yang terdiri dari penyelam asing kelas internasional dan Angkatan Laut Thailand SEAL memandu empat anak pertama untuk keluar Gua Tham Luang pada Minggu, (8/7). Lalu, pada Senin, (9/7), empat anak kedua berhasil dievakuasi melalui saluran sempit melewati air yang berlumpur.

8 Anak Tim Sepakbola yang Terjebak di Gua Thailand Diselamatkan
Sebanyak 8 anak sudah dikeluarkan dari Gua Tham Luang (Infografis: Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

“Keempat anak laki-laki itu sudah tiba di rumah sakit, semuanya aman,” kata Kepala Misi Penyelamatan, Narongsak Osottanakorn dilansir Reuters, Selasa, (10/7).

Sekarang, tersisa empat anak dan seorang pelatihnya. Ketika ditanya apakah mereka berlima akan keluar bersamaan dalam upaya penyelamatan berikutnya, Narongsak mengatakan, tergantung pada rencananya.

“Kami membuat rencana untuk mengeluarkan empat orang, jika ingin mengeluarkan lima orang pada saat yang sama, otomatis akan ada perubahan rencana,” katanya.

Operasi penyelamatan pada Senin lebih lancar dari sebelumnya dan tercatat waktu yang dibutuhkan berkurang dua jam karena para tim sudah belajar dari penyelamatan pertama. Namun dibutuhkan waktu 20 jam untuk mengganti oksigen untuk penyelamatan berikutnya.

“Kami masih membutuhkan lebih dari 20 jam untuk bersiap-siap. Semua tergantung pada alam. Jika dewa hujan membantu kita, maka kita mungkin bisa bekerja cepat. Tetapi jika dewa hujan tidak membantu, maka itu bisa menjadi tantangan,” ujar Narongsak.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

8 Anak Tim Sepakbola yang Terjebak di Gua Thailand Diselamatkan