alexametrics

AS akan Sumbang 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke 90 Negara

10 Juni 2021, 22:19:24 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan, negaranya akan membeli dan menyumbangkan 500 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer bagi lebih dari 90 negara, sambil menyerukan negara-negara demokrasi dunia untuk turut membantu mengakhiri pandemi yang mematikan.

Pengumuman donasi vaksin oleh Gedung Putih muncul sebelum Biden bertemu dengan para pemimpin negara maju Kelompok Tujuh (G7) di Inggris. “Tujuan dari donasi hari ini adalah untuk menyelamatkan nyawa dan mengakhiri pandemi dan akan memberikan dasar untuk tindakan tambahan yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang,” kata pernyataan dari Gedung Putih, Kamis (10/6), seperti dikutip Antara dari Reuters.

Produsen obat AS Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech akan menyediakan 200 juta dosis pada 2021 dan 300 juta dosis pada paruh pertama 2022, yang kemudian akan didistribusikan oleh AS ke 92 negara berpenghasilan rendah dan Uni Afrika.

’’Kemitraan kami dengan pemerintah AS akan membantu membawa ratusan juta dosis vaksin kami ke negara-negara termiskin di seluruh dunia secepat mungkin,” kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla.

Sumbangan baru ini melampaui sekitar 80 juta dosis vaksin yang telah dijanjikan Washington untuk disumbangkan pada akhir Juni, dan 2 miliar dolar AS (sekitar Rp28,5 triliun) pendanaan yang dialokasikan untuk program berbagi vaksin COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI), kata Gedung Putih.

GAVI dan WHO menyambut baik inisiatif tersebut tetapi kelompok kampanye anti kemiskinan Oxfam menyerukan lebih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan produksi vaksin global. “Tentunya, 500 juta dosis vaksin ini disambut baik karena akan membantu lebih dari 250 juta orang, tetapi itu masih sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan di seluruh dunia,” kata pemimpin vaksin Oxfam Americas, Niko Lusiani.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads