alexametrics

Dinilai Rasis, Iklan Bule Makan Burger Pakai Sumpit Dihapus

10 April 2019, 11:25:50 WIB

JawaPos.com – Burger King telah menghapus iklan yang menunjukkan seorang laki-laki bule mencoba memakan burger dengan sumpit merah besar. Iklan itu mendapat kritik keras di media sosial.

Iklan untuk burger Vietnam itu muncul di Selandia Baru dan memicu perdebatan, apakah iklan itu tidak sensitif atau asis.

Iklan yang diunggah ke Twitter oleh Maria Mo, seorang perempuan Korea yang tinggal di Selandia Baru, telah dilihat lebih dari 2,9 juta kali. Ia mengecam upaya Burger King untuk mengolok-olok bagaimana orang Asia makan dan menggambarkan iklan itu rasis.

“Saya muak dengan rasisme dalam bentuk apa pun seperti mengolok-olok budaya yang berbeda,” katanya dalam Twitternya dilansir dari BBC.

“Saya selalu berpikir bahwa Burger King lebih baik daripada KFC dan McDonalds, tetapi sekarang saya tidak ingin memakan produk mereka,” tulis yang lainnya.

Di Tiongkok, iklan Burger King telah dilihat lebih dari delapan juta kali di situs berita Pear Video dan puluhan ribu pengguna Weibo telah memposting itu. Hashtag, yang diterjemahkan sebagai #NewBurgerKingAdvertAllegedlyRacist, juga telah digunakan lebih dari 12.000 kali.

Namum, ada juga yang menganggap ini hanyalah lelucon. “Ini hanya lelucon bahwa orang barat tidak dapat menggunakan sumpit. Mengapa hanya dalam beberapa tahun terakhir kita mendengar bahwa orang-orang Tiongkok merasa didiskriminasi? Apakah saya harus marah?”

Burger King sekarang telah menghapus klip yang muncul di akun Instagram mereka untuk Selandia Baru dan telah menarik iklan televisi. Seorang juru bicara mengatakan, “Iklan yang dimaksud tidak peka dan tidak mencerminkan nilai merek kami terkait keragaman dan inklusi.”

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads