alexametrics

Abbas Berharap Pemilu Israel Hasilkan Pemerintah yang Peduli Perdamaian

10 April 2019, 15:29:02 WIB

JawaPos.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, dia berharap pemilihan parlemen Israel dapat membantu membawa perdamaian bagi Palestina dan Israel. Dilansir dari Times of Israel pada Selasa (9/4), Perdana Menteri sayap kanan Benjamin Netanyahu menghadapi perlawanan Benny Gantz dalam pemilihan.

Namun tampaknya Netanyahu lebih berpeluang menang daripada penantangnya untuk dapat membangun koalisi mayoritas dan mempertahankan kekuasaan.

Tanpa mendukung kandidat tertentu, Abbas mengatakan kepada wartawan di Ramallah, ia mengikuti pemilihan dari jauh. Ia berharap pemerintah baru memahami perdamaian merupakan kepentingan bersama Palestina dan Israel, juga kepentingan dunia.

“Hal yang kami harapkan hanyalah akan ada jalan yang adil, jalan yang benar untuk mencapai perdamaian. Kami tidak membutuhkan pemerintahan yang tidak percaya pada perdamaian,” terang Abbas.

Negosiasi damai Israel-Palestina telah dibekukan sejak proses perdamaian dengan perantara AS runtuh pada 2014 di tengah saling tuding menyalahkan satu sama lain.

Abbas yang pemerintahannya berbasis di Tepi Barat menegaskan, kepemimpinan Palestina akan terbuka untuk negosiasi. Namun ia membekukan hubungan dengan Gedung Putih setelah pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan berjanji menolak semua rencana perdamaian yang dirilis Washington. Palestina melihat administrasi Trump terang-terangan mendukung Israel.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna