JawaPos Radar

Ngeri, 22 Gerbong Kereta Melaju Mundur 11 Km

10/04/2018, 06:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Ngeri, 22 Gerbong Kereta Melaju Mundur 11 Km
Perawatan kereta di India sering kurang maksimal, akibatnya terkadang mengakibatkan kecelakaan (DNA India)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 22 gerbong kereta yang membawa setidaknya 1.000 penumpang terpisah dari kepala kereta di negara bagian Orisa, India pada Sabtu, (7/4). Kereta itu pun, melaju mundur sejauh 11 km.

Akibat peristiwa itu, tujuh karyawan yang bertanggungjawab diskors sementara. Pihak kereta api mengatakan, para karyawan itu lalai dalam menjalankan tugasnya.

Gerbong tersebut dihentikan oleh beberapa staf kereta api yang menaruh batu di rel. Tak satu pun dari orang-orang di kereta terluka dalam insiden itu.

"Karyawan yang diskors diduga tidak mengikuti protokol dan penyelidikan sudah dilakukan," kata Juru Bicara Kementerian Kereta, JP Mishra seperti dilansir AFP, Senin, (9/4).

Lebih dari 22 juta orang India pulang-pergi setiap hari menggunakan 9.000 kereta. Sebuah video tentang insiden itu menunjukkan para penumpang berteriak ketika kereta berguling mundur dan melewati landasan kereta api.

Pejabat percaya bahwa rem yang biasanya diterapkan ketika kereta lepas landas, salah digunakan atau diabaikan.

"Sesuatu yang mengerikan bisa terjadi dan itu tidak diterapkan oleh staf," kata Mishra. Insiden seperti itu tidak jarang terjadi di India.

Di India, kereta api membawa lebih dari 22 juta penumpang setiap hari tetapi banyak peralatan yang ketinggalan zaman. November lalu, sekelompok petani India terbangun dan melihat kereta yang mereka tumpangi telah melaju 160 km dan berada di jalur yang salah.

Pada bulan Agustus 2017, setidaknya 23 orang tewas ketika kereta api jatuh di negara bagian utara Uttar Pradesh.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up