alexametrics

Ahli Australia Teliti Potensi Kentut Tularkan Covid-19 Seperti Aerosol

10 Maret 2021, 16:38:34 WIB

JawaPos.com – Jangan kentut sembarangan karena bisa membuat orang lain merasa tak nyaman. Tak hanya itu, di era pandemi Covid-19 saat ini ditengarai kentut juga dikhawatirkan bisa seperti aerosol yang menyebarkan virus atau pembawa kuman.

IFL Science mengatakan seorang perawat mengajukan pertanyaan aneh kepada dokter Australia. Karl Kruszelnicki mengatakan kepada pendengar acara radio sains di Brisbane bahwa perawat bertanya apakah dia menginfeksi ruang operasi tempat dia bekerja karena kentut diam-diam di area steril selama prosedur.

“Saya menyadari bahwa saya tidak tahu, tetapi saya bertekad untuk mencari tahu,” katanya seperti dilansir Science Times.

Dia menghubungi teman ahli mikrobiologi di Canberra untuk melakukan penelitian. Mereka melakukan percobaan hanya dengan melepas celana dan langsung kentut ke wadah.

Luke Tennent, teman ahli mikrobiologi, meminta salah satu rekan kerjanya untuk diam-diam mengeluarkan kentut di wadah dari jarak 5 cm (2 inci). Rekan kerja tersebut mengulangi prosedur tersebut dengan pakaian lengkap. Dan tidak ada apa-apa di antara anusnya kecuali 5 cm udara itu.

Setelah peserta menyelesaikan tugasnya, mereka dibiarkan semalaman untuk diperiksa. Keesokan paginya, terlihat gumpalan dua jenis bakteri telah berkecambah di wadah yang telah terkontaminasi kentut dari anus yang terbuka. Menurut jurnal BMJ, bakteri ini biasanya hanya ada di perut dan di kulit kepala. Sementara itu, tidak ada bakteri jika seseorang kentut dengan memakai celana.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads