JawaPos Radar

Turis di Hongkong, Ngaku Wisatawan Tapi Saldo Hanya Rp 4 Juta

10/02/2018, 08:18 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Turis di Hongkong, Ngaku Wisatawan Tapi Saldo Hanya Rp 4 Juta
Hongkong (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Konsulat Jenderal RI di Hongkong, Tri Tharyat mengatakan, peristiwa yang menimpa dua komedian asal Jawa Timur adalah kejadian yang sering terjadi. Orang-orang sering menyalahgunakan visa mereka sehingga ditangkap oleh pihak imigrasi.

Total keseluruhan warga negara dari seluruh dunia yang melakukan pelanggaran di keimigrasian Hongkong dalam setahun mencapai 60.000. Sedangkan khusus untuk pelanggaran oleh warga yang ada di Asia Pasifik adalah 13.800 kasus.

"Alasannya banyak, tujuan yang tidak jelas, dokumen palsu, tidak ada tiket balik, atau adanya keraguan lainnya," kata Konjen RI di Hongkong, Tri Tharyat pada konferensi pers di Kementerian Luar Negeri kemarin.

Ia mencontohkan, ada turis yang mengaku sebagai wisatawan namun hanya memiliki saldo di rekening USD 300 atau sekitar Rp 4 juta. Padahal harga hotel saja sudah mencapai USD 200 atau sekitar Rp 2,7 juta, ini berarti adanya ketidaksiapan para turis.

Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri bersama dengan Persatuan Seniman dan Komedian Indonesia (PASKI) akan melakukan sosialisasi khususnya bagi para pekerja hiburan dan seniman yang ingin melakukan tugas ke luar negeri.

"Nanti kita mau adakan kerja sama untuk melakukan sosialisasi untuk para komedian dan pekerja seni termasuk ustad bahwa kalau pergi harus ada hal-hal yang dipersiapkan," kata Eko Patrio.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menyatakan, sosialisasi akan dilakukan untuk seluruh WNI yang ingin melakukan kegiatan di luar negeri.

"Kita sudah sepakat kita akan mensosialisasikan kepada siapapun yang akan pergi ke luar negeri agar mengikuti ketentuan di negara tersebut," katanya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up