JawaPos Radar | Iklan Jitu

Begini Cara Mengunjungi Himalaya dari India

10 Januari 2018, 06:05:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Begini Cara Mengunjungi Himalaya dari India
Himalaya (Jawapos/Dinda Lisna Amilia)
Share this

JawaPos.com - Bagi para traveler, mendaki atau sekadar mengunjungi pegunungan Himalaya sering dilakukan dari Annapurna, jalur pendakian dari Nepal. Namun ada cara berbeda yang jarang dilakukan yaitu lewat India.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India baru saja melakukan winter camp di Shimla, Manali, dan Agra. "Salah satu lokasi winter trip kami, Manali sudah merupakan bagian dari pegunungan Himalaya," ujar Ketua PPI India Noor Sahid KHM, Selasa, (9/1).

Dalam winter trip atau perjalanan musim dingin yang berlangsung Kamis, (28/12) sampai dengan Senin, (1/1) itu, terdapat sembilan pelajar Indonesia yang berpartisipasi.

Begini Cara Mengunjungi Himalaya dari India
Jalan-jalan ke Himalaya (Jawapos/Dinda Lisna Amilia)

Destinasi pertama adalah Shimla yang bisa ditempuh dari New Delhi menggunakan bus dengan jarak tempuh sekitar delapan jam. Naik bus tersebut ongkosnya Rs 450 atau Rp 90 ribu. Namun itu bukanlah bus patas dan sangat terjangkau bagi ukuran mahasiswa.

"Kami menginap satu hari di Shimla sebelum melanjutkan ke Manali," ujar Sahid yang berasal dari Semarang tersebut.

Shimla merupakan sebuah kota kecil yang terletak di ketinggian 2.200 meter. Pada zaman penjajahan Inggris, Shimla dikenal sebagai kota persinggahan untuk menyelenggarakan rapat penting berkaitan dengan strategi penjajahan Inggris atas India. Tak heran bila bangunan-bangunan gedung di Shimla sangat berkaitan dengan gaya arsitektur Inggris.

Dari Shimla, peserta winter trip yang diketuai oleh Asnawy, mahasiswa Osmania University Hyderabad asal Aceh ini melanjutkan perjalanan ke Manali dengan menyewa mobil. Dengan memakan waktu sekitar 10 jam, peserta menginjakkan kaki di Manali pukul 05.00 waktu setempat dengan suhu minus 15 derajat celcius.

"Sebenarnya dari New Delhi ada yang menawarkan rute langsung ke Manali, atau bisa juga naik bus dari Shimla ke Manali. Namun karena saat itu peak season, kami kehabisan tiket," terang Nawi.

Waktu yang dialokasikan sehari di Manali dimanfaatkan oleh peserta trip. Yaitu dengan mengunjungi Gulmarag dan Sollang Valley. Sayangnya, momen tahun baru meyebabkan kemacetan yang luar biasa di sepanjang jalanan pegunungan.

"Akhirnya kami hanya menuju Sollang Valley, menikmati suasana himalaya dalam waktu yang sangat terbatas," kata Nawi.

Di Sollang Valley, pengunjung bisa menikmati beragam permainan dengan salju seperti ski, kereta gantung (ropeway), menunggang yak, yaitu semacam sapi yang hanya terdapat di pegunungan Himalaya atau Asia Tengah. Di sana juga ada permainan paralayang di tengah pegunungan Himalaya yang sedang bersalju.

(ina/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up