alexametrics

Malaysia Gagal Sita Harta Najib Razak, Kekalahan Kedua di Kasus 1MDB

9 November 2021, 23:19:30 WIB

JawaPos.com – Usaha pemerintah Malaysia untuk menyita harta Najib Razak dan keluarga gagal. Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Senin (8/11) menolak permintaan tersebut. Versi pengadilan, pemerintah gagal membuktikan bahwa barang-barang mewah tersebut dibeli dari dana yang diambilkan dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

’’Pemerintah akan mengajukan banding atas putusan pengadilan tersebut,’’ ujar wakil jaksa penuntut umum Harris Ong Mohd Jeffery Ong.

Hakim Mohamed Zaini Mazlan mengatakan, kesimpulan penyidik bahwa utang tunai dan barang mewah yang dibeli Najib sekeluarga berasal dari dana 1MDB hanya berdasar dugaan.

’’Itu tidak cukup karena mereka perlu membuktikan hubungan langsung antara uang yang diperoleh secara ilegal dengan uang tunai yang ditemukan serta barang-barang yang dibeli (Najib dan keluarga),’’ tegas Mazlan seperti dikutip The Straits Times.

Ini adalah kekalahan kedua pemerintah Malaysia atas kasus 1MDB. Mei lalu pemerintah juga gagal membuktikan bahwa uang MYR 114 juta (Rp 391,13 miliar) yang disita dari rumah yang berkaitan dengan Najib adalah bagian dari dana 1MDB yang dicuri. Saat itu mantan perdana menteri Malaysia tersebut mengklaim bahwa itu adalah dana untuk keperluan pemilu partainya, UMNO.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c19/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads