alexametrics

Alex Chow, Korban Tewas Pertama Aksi Massa Hongkong

9 November 2019, 11:55:15 WIB

JawaPos.com – ”Saya berharap kamu sembuh.” Harapan yang tertulis di kertas post-it itu tertempel di salah satu dinding ICU Queen Elizabeth Hospital Hongkong. Di rumah sakit itulah Alex Chow dirawat.

Banyak pesan dukungan lain di dinding itu plus puluhan origami burung bangau dan bunga. Sayang, harapan dalam pesan-pesan tersebut tak terkabulkan. Chow dinyatakan meninggal dunia pukul 08.09, Jumat (8/11).

”Hari ini (Jumat, Red) kita berduka karena telah kehilangan pejuang kebebasan Hongkong. Kita tidak akan meninggalkan siapa pun. Apa yang kita mulai bersama akan kita akhiri bersama,” cuit aktivis Joshua Wong seperti dikutip Agence France-Presse. Kemarin malam demonstran Hongkong menggelar aksi untuk mengenang Chow.

Chow adalah korban tewas pertama aksi massa Hongkong selama beberapa bulan ini. Minggu (3/11) dia ikut aksi di Tseung Kwan O. Polisi berusaha membubarkan demonstran dengan menembakkan gas air mata.

Alex Chow, mahasiswa yang jatuh saat berdemonstrasi. (KIN CHEUNG/AP)

Mahasiswa tahun kedua di Hongkong University of Science and Technology itu diduga jatuh dari area parkir lantai atas ke lantai bawahnya saat menghindari gas air mata. Saat ditemukan Senin dini hari (4/11), dia sudah berlumuran darah. Sejak saat itu, Chow koma.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana Chow bisa terjatuh. Polisi menampik tudingan bahwa pihaknya mendorong Chow sehingga insiden tersebut terjadi. Rekan-rekan Chow menuntut penyelidikan atas kematian itu. Mereka juga mempertanyakan alasan tim paramedis lambat merespons. Paramedis datang sekitar 20 menit setelah menerima kabar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c11/dos)



Close Ads