JawaPos Radar

Balapan F1 Vietnam akan Digelar di Jalan Raya Hanoi

09/11/2018, 15:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
balapan f1, hanoi, vietnam,
Balapan jet darat Formula One (F1) resmi menambah negara yang disinggahi di kawasan Asia Tenggara. Selain Singapura dan Malaysia, Vietnam akan jadi perlintasan baru (Complete Sport Nigeria)
Share this

JawaPos.com - Balapan jet darat Formula One (F1) resmi menambah negara yang disinggahi di kawasan Asia Tenggara. Selain Singapura dan Malaysia, Vietnam akan jadi perlintasan baru. Kabar itu baru saja diumumkan bahwa Vietnam bersiap menjadi tuan rumah balap Formula 1 untuk musim 2020. Kesepakatannya sudah diterima sejak Oktober lalu.

Vietnam menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah baru F1 sejak dikelola oleh Liberty Media. F1 Vietnam akan digelar di jalan raya seperti Singapura.

Tepatnya di tengah Kota Hanoi, lintasan F1 akan dibuat sepanjang 5.565 kilometer. Selain menampilkan lintasan lurus sepanjang 1,5 kilometer, rangkain trek juga akan melintasi area stadion.

balapan f1, hanoi, vietnam,
Tepatnya di tengah Kota Hanoi, lintasan F1 akan dibuat sepanjang 5.565 kilometer (Shuttestock)

Rangkaian tikungan di trek Hanoi akan dirancang menyerupai kontur dan bentuk tikungan dari berbagai sirkuit ternama di dunia, seperti Suzuka, Monako, Nurburgring dan Sepang.

“Grand Prix Vietnam mewakili komitmen kuat Formula 1 ke kawasan Asia di mana balapan sudah mapan digelar di Singapura, China dan Jepang. Itu juga membentuk bagian dari strategi jangka panjang Formula 1 untuk memperluas daya tarik pada olahraga ini dan menjangkau audiens baru di seluruh dunia,” tulis pernyataan Liberty Media seperti dilansir Fajar.co.id (Jawa Pos Grup). 

Mulai tahun 2020, Vietnam telah teken kontrak beberapa tahun untuk hadir sebagai tuan rumah F1. Disebutkan, helatan didukung pendanaan yang cukup besar.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up