alexametrics

Tentukan Masa Depan Brexit, Parlemen Inggris Gelar Pertemuan Khusus

9 Oktober 2019, 17:16:03 WIB

JawaPos.com – Parlemen Inggris akan menggelar pertemuan khusus pada Sabtu (19/10) mendatang untuk membahas masa depan Brexit. Mereka akan berunding setelah gelaran KTT Uni Eropa dan menjadi kesempatan terakhir bagi Inggris dan Uni Eropa untuk menyetujui kesepakatan sebelum tenggat waktu 31 Oktober mendatang.

Jika kesepakatan terjadi dengan Uni Eropa, Perdana Menteri Boris Johnson akan meminta anggota parlemen untuk menyetujuinya. Namun, jika tidak, sejumlah opsi dapat dimunculkan dan kemudian dibahas.

Sementara itu, wartawan senior BBC Laura Kuenssberg, membuat kesimpulan awal yang mengejutkan. Dia menyebut kesepakatan tak akan terjadi sehingga Brexit pun tak akan menjadi kenyataan.

Johnson sendiri bertekad Inggris bisa meninggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober sesuai batas waktu. Namun, undang-undang yang disahkan oleh anggota parlemen pada bulan lalu yang dikenal sebagai Benn Act, mengharuskan Johnson untuk melapor ke Uni Eropa untuk meminta penundaan jika kesepakatan tidak ditandatangani parlemen pada 19 Oktober mendatang.

Saat ini pembicaraan sedang berlangsung antara tim negosiasi Inggris dan Uni Eropa menjelang KTT Uni Eropa pada 17 dan 18 Oktober. Hanya saja, ketegangan politik telah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Johnson mengajukan proposal baru ke Uni Eropa minggu lalu untuk kesepakatan Brexit. Sementara itu, Presiden Prancis Emanuel Macron mengatakan Uni Eropa akan memperjelas posisi Inggris pada akhir pekan ini. Namun, perselisihan muncul pada Selasa (8/10) yang mengabarkan bahwa Johnson dan Kanselir Jerman Angela Merkel telah membuat kesepakatan bahwa pada dasarnya tidak mungkin Brexit terjadi.

Pihak kantor Merkel menegaskan tak akan mengungkap pembicaraan pribadi tersebut. Pastinya, terkait Brexit saat ini sedang tak menentu. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk bahkan menuduh Johnson tengah memainkan skenario yang disebut “bodoh” seperti kritik yang digemakan oleh sejumlah partai oposisi di Inggris.

Semuanya akan terjawab pada Sabtu (19/10) mendatang saat anggota Parlemen Inggris menggelar pertemuan khusus. Masa depan Brexit besar kemungkinan akan segera terjawab.

Editor : Edy Pramana



Close Ads