alexametrics

Usai Divaksin Sinovac, Makin Kebal dari Covid dengan Booster CanSino

9 September 2021, 06:07:57 WIB

JawaPos.com – Sebuah penelitian di Tiongkok mengamati manfaat vaksin booster atau dosis ketiga. Kali ini penelitian dilakukan pada vaksin CanSino dan Sinovac yang keduanya merupakan buatan Tiongkok.

Hasil penelitian menunjukkan jika seseorang menerima dosis campuran Sinovac dan CanSino diyakini bisa lebih kebal dari Covid-19.  Pencampuran vaksin Covid-19 menunjukkan bahwa menerima suntikan vaksin CanSino Biologics setelah satu atau dua dosis vaksin Sinovac Biotech (SVA.O) menghasilkan respons antibodi yang jauh lebih kuat.

CanSino dinilai lebih baik untuk booster daripada menggunakan suntikan Sinovac. Hal itu memberikan keyakinan bagi dunia di tengah semakin banyaknya varian Covid-19.

Suntikan booster vaksin CanSino setelah disuntik satu atau dua dosis vaksin Sinovac menghasilkan respons antibodi yang jauh lebih kuat daripada booster Sinovac kembali. Dalam penelitian, peserta yang menerima booster CanSino, tiga sampai enam bulan setelah suntikan Sinovac kedua menunjukkan kekebalan.

Bahkan lonjakan kekebalannya cukup signifikan yaitu rata-rata 78 kali lipat dalam menetralkan tingkat antibodi dua minggu kemudian. Hasil penelitian ini sudah diterbikan dalam sebuah makalah internasional yang diterbitkan pada Senin (6/9) sebelum peer review atau ditinjau rekan sejawat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads