alexametrics

Warga Korsel Lari ke Korut

9 Juli 2019, 10:47:02 WIB

JawaPos.com – Choe In-guk mengikuti jejak mendiang ayahnya, Choe Dok-shin. Warga Korea Selatan (Korsel) itu membelot ke Korea Utara (Korut).

Kasus seperti itu jarang sekali terjadi. Biasanya justru sebaliknya, warga Korut lari ke Korsel. In-guk tiba di Bandara Internasional Pyongyang, Sabtu (6/7).

“Meski terlambat, saya memutuskan untuk tinggal secara permanen di Korut,” ujar In-guk seperti dikutip media Korut, Uriminzokkiri yang terbit Senin (8/7).

Pria 73 tahun itu mengaku ingin tinggal di Korut untuk menghormati keinginan orang tuanya. Yaitu, tinggal di Pyongyang dan mendedikasikan diri untuk unifikasi Semenanjung Korea.

Choe Dok-shin adalah mantan menteri luar negeri Korsel. Dia pindah ke AS pada 1976 bersama sang istri, Ryu Mi-yong, karena tak cocok dengan mantan Presiden Korsel Park Chung-hee yang dikenal sebagai diktator.

Satu dekade kemudian pasangan suami istri itu membelot ke Korut dan mendapat kedudukan penting di Pyongyang.

Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan bahwa In-guk tidak memiliki izin khusus untuk berkunjung ke Korut. Namun, dia sudah berkali-kali ke Pyongyang sejak 2001. Media Korsel menyebutkan, In-guk ke Pyong-yang via Beijing, Tiongkok.

Sementara itu, Senin (8/7) merupakan peringatan 25 tahun kematian mantan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Il-sung. Penduduk Korut berbondong-bondong menuju Mansu Hill, Pyongyang, untuk memberikan penghormatan di hadapan patung Kim Il-sung.

Editor : Edy Pramana

Reporter : sha/c11/dos