alexametrics

Israel Laksanakan Pemilu Hari Ini, Netanyahu VS Benny Gantz

9 April 2019, 13:41:51 WIB

JawaPos.com – Warga Israel mulai memberikan suaranya dalam pemilihan umum (pemilu) pada hari Selasa, (9/4). Pemilu kali ini dapat memberikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu rekor masa jabatan kelima atau melihatnya dikalahkan oleh seorang mantan jenderal yang berjanji siap membangun pemerintah yang bersih dan memperkuat kohesi sosial, Benny Gantz.

Tempat pemungutan suara (TPS) dibuka pukul 7 pagi waktu setempat di seluruh negeri dan ditutup pada pukul 10 malam. Namun pemenang mungkin tidak segera diumumkan. Tidak ada partai yang pernah memenangkan mayoritas langsung di parlemen dengan 120 kursi.

Dijuluki Raja Bibi, Netanyahu telah menggalang kampanye garis kanan yang semakin memperburuk hubungannya dengan Palestina. Ia juga memainkan kebijakan luar negeri Israel yang semakin mempererat hubungan dengan AS.

israel, pemilu israel, netanyahu, benny gantz, palestina,
Ditemui di TPS Rosh Haayin dekat Tel Aviv, ginekolog Yaron Zalel, 64, mengatakan, ia mendukung lawan Netanyahu, Benny Gantz (i 24 News)

Usai pemilu, Presiden Israel Reuven Rivlin akan berkonsultasi dengan para pemimpin dari setiap partai yang diwakili di Knesset dan memilih orang yang terbaik untuk membentuk pemerintahan.

Ditemui di TPS Rosh Haayin dekat Tel Aviv, ginekolog Yaron Zalel, 64, mengatakan, ia mendukung lawan Netanyahu, Benny Gantz. “Saya merasa bersemangat datang ke sini karena saya pikir kami akan memasuki era baru dan kami akan mengubah pemerintahan hari ini,” katanya.

Netanyahu, ujar Zalel, sudah melakukan banyak hal besar untuk Israel. Namun dia sudah 13 tahun berkuasa dan sudah cukup. “Namun sekarang dunia politik bergoncang, dia malah menghancurkan segalanya. Ini harus dihentikan. Saya di sini untuk anak-anak saya dan generasi berikutnya. Tidak ada orang yang tidak bisa diganti,” ujarnya.

Sementara itu, pendukung Netanyahu di TPS Rosh Haayin, Avi Gur, 65, dosen di Universitas Ariel mengatakan, ia sangat senang. “Saya harap kami menang sebab pemimpin Likud (Netanyahu) merupakan perdana menteri terbaik yang pernah ada di Israel.”

“Kami memimpin dalam teknologi tinggi, bidang keamanan, dan perekonomian. Itu bagus,” tambah Gur.

Di Yerusalem, Ronza Barakat, seorang pustakawan milik minoritas Arab Israel mengatakan, ia mendukung partai Meretz sayap kiri.

“Saya memilih mereka karena berharap untuk perubahan, perubahan rasisme yang ada di sini. Kami hidup bersama di tempat yang damai, mengapa harus ada kebencian di antara orang-orang?”

Editor : Dyah Ratna Meta Novia



Close Ads