alexametrics

Rusia Ungkap Daftar Negara yang Tidak Bersahabat, Bagaimana Indonesia?

9 Maret 2022, 18:42:16 WIB

JawaPos.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan daftar negara, bagian, dan teritori yang masuk dalam perhatian karena telah berpihak terhadap Ukraina. Negara-negara itu dinilai bukan sahabat Rusia lagi.

Negara dan wilayah yang disebutkan dalam daftar tersebut telah memberlakukan atau menyetujui sanksi terhadap Rusia menyusul keputusan Putin untuk melancarkan serangan militer terhadap Ukraina. Lebih dari 10 negara masuk dalam daftar.

Bagaimana nasib Indonesia? Apakah masuk dalam daftar tersebut? Indonesia tak masuk dalam daftar negara tak bersahabat menurut Rusia. Dalam daftar tersebut mencakup Amerika Serikat, Kanada, semua negara yang masuk Uni Eropa, Inggris, Ukraina, Montenegro, Swiss, Albania, Andorra, Islandia, Liechtenstein, Monako, Norwegia, San Marino, dan Makedonia Utara.

Jepang, Korea Selatan, Australia, Mikronesia, Selandia Baru, dan Singapura juga masuk dalam daftar. Taiwan juga masuk dalam daftar. Taiwan adalah negara yang dianggap oleh Tiongkok sebagai wilayah mereka tetapi telah diperintah secara independen sejak 1949.

Putin menyebut Kanada sebagai salah satu negara yang kini tak lagi bersahabat. Sebab Kanada dinilai mendukung Ukraina. Rusia mengumumkan keputusan tersebut. Dan ia meminta semua pemerintah negara harus menyetujui semua kesepakatan baik itu perusahaan dan individu dari negara-negara tersebut.

Menanggapi pengumuman Rusia tersebut, Kementerian Luar Negeri RI enggan menanggapi hal itu. Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah menegaskan hal itu. “Tidak ada respons,” kata Faizasyah.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads