alexametrics

Australia Sebut Tiongkok Berambisi Geser AS sebagai Pemimpin Dunia

9 Maret 2022, 17:38:09 WIB

JawaPos.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping tampaknya berencana untuk mendominasi Indo-Pasifik dan menggunakan kawasan itu sebagai pijakan untuk mengambil alih posisi pemimpin dunia dari tangan Amerika Serikat (AS), kata pejabat intelijen Australia, Rabu (9/3).

Direktur jenderal Kantor Intelijen Nasional Australia Andrew Shearer mengatakan konvergensi strategis baru antara Beijing dan Moskow “yang mengganggu” telah berkembang dan risiko “konflik kekuatan besar” telah meningkat sejak Rusia menginvasi Ukraina.

Komentar itu menegaskan peringatan bahwa invasi Rusia di Ukraina dapat meluas menjadi konflik regional atau global. Perdana Menteri Australia pekan ini meminta negara-negara demokrasi liberal untuk menghentikan “busur otokrasi” yang mengubah dunia. “Kita harus bekerja lebih keras untuk menjaga kualitas liberal dari tatanan berbasis aturan di Eropa dan di sini, di kawasan Indo-Pasifik,” kata Shearer pada sebuah jumpa pers.

“Kita melihat seorang pemimpin yang benar-benar sedang berjuang dan memperkuat negaranya demi perjuangan untuk menggeser Amerika Serikat sebagai kekuatan yang memimpin dunia,” kata dia, merujuk pada Xi.

Shearer mengatakan, ancaman geopolitik akan berpusat pada teknologi, termasuk menggunakan serangan siber, sehingga Australia harus memperkuat pertahanan sibernya tanpa menutup diri dari perdagangan dan berbagi informasi. “Kita memerlukan ekonomi terbuka yang berkembang sehingga kita dapat mendanai peningkatan belanja pertahanan yang menjadi komitmen pemerintah, tapi ini bukan menang-kalah antara ekonomi dan keamanan,” kata dia.

Menurut Shearer, sejak invasi Rusia di Ukraina, intelijen Australia menilai bahwa kemungkinan terjadinya konflik di antara kekuatan-kekuatan besar semakin tinggi.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: