alexametrics

Puma Kurus di Kebun Binatang Potret Krisis Pangan di Venezuela

9 Maret 2019, 12:05:31 WIB

JawaPos.com – Tingkat kemiskinan di Venezuela menjadi sangat parah. Para pekerja kebun binatang terpaksa menyembelih hewan lainnya untuk memberi makan binatang lainnya pada 2018 lalu. Ini merupakan potret parahnya krisis pangan di negara tersebut.

Petugas kebun binatang mengatakan, dua puma yang sangat kurus adalah sebuah potret keadaan yang menyedihkan di negara itu. Puma tersebut awalnya diselamatkan dari pemburu liar. Namun, foto-foto terbaru mereka kini mengejutkan.

puma, puma kurus, kebun binatang, krisis venezuela, venezuela,
Saking kelaparan, seorang ibu mengais sampah di Venezuela (Roland Hoskins)

Seperti dilansir Daily Mail, negara yang dulunya kaya minyak tetapi sekarang dibebani oleh hiperinflasi dan kekurangan makanan dan obat-obatan akut. Sebagian besar akibat dari harga minyak yang anjlok.

Kucing-kucing besar itu sangat kurus ketika mereka pertama kali tiba di kebun binatang di Kota San Francisco di negara bagian Zulia dekat perbatasan Kolombia.

“Mereka awalnya menjadi lebih baik, tetapi ketika krisis terbaru Venezuela mulai berlangsung, badan mereka menyusut,” kata seorang pekerja kebun binatang.

Seekor puma jantan dan betina betina Andean, lahir di penangkaran dan dibawa ke taman sebagai bagian dari program pemuliaan untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah. Mereka berminggu-minggu tanpa diberi makan dengan baik.

Dua burung pemangsa sangat lapar sehingga mereka menjadi kanibal. Sementara seekor harimau Bengal yang merupakan singa tua juga kehilangan berat badan.

Untuk mengatasi kekurangan daging, petugas kebun binatang mulai berburu iguana, yang tumbuh liar di kebun binatang, dan memancing ikan nila dari laguna di fasilitas itu.

Kebun binatang ini juga telah dilanda serangkaian pencurian sejak negara tersebut mengalami kekacauan ekonomi. Pada tahun 2016, setidaknya 40 hewan termasuk tapir dicuri, diperkirakan karena orang kelaparan mau makan dagingnya.

Pada 2016 di Kebun Binatang Caricuao di Caracas, seekor kuda dibunuh oleh penyerang yang menyembelih dagingnya untuk dimakan. Di negara bagian Falcon, dua babi hutan dicuri dari kebun binatang.

“Burung merak dan burung-burung lain juga telah dicuri dari Kebun Binatang Bararida di Barquisimeto, 155 mil barat daya Caracas,” kata Carlos Silva, seorang dokter hewan yang telah bekerja di sana selama 13 tahun.

Bukan hanya hewan di kebun binatang yang menderita. Sejumlah besar orang meninggalkan anjing peliharaannya di kota-kota di negara itu karena mereka tidak dapat memberi makan dan memvaksinasi mereka.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Puma Kurus di Kebun Binatang Potret Krisis Pangan di Venezuela