alexametrics

Juan Guaido: Mungkin Intervensi Militer AS Dibutuhkan

9 Maret 2019, 14:14:16 WIB

Jawapos.com – Pemimpin kelompok oposisi Venezuela Juan Guaido tidak mengesampingkan intervensi militer AS untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro. Dilansir dari Press TV, Guaido mengatakan kepada AFP dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa ia dapat meminta intervensi militer AS untuk memaksa Maduro dari turun dari tampuk kekuasaan dan mendirikan pemerintah transisi di Venezuela.

Guaido mengatakan, dia akan melakukan semua yang diperlukan. Meskipun intervensi militer AS adalah subjek yang sangat kontroversial. Tokoh oposisi berusia 35 tahun itu meminta tentara Venezuela untuk mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

krisis venezuela, krisis, nicolas maduro, juan guaido, as,
Maduro minta negara lain, terutama AS tak usah ikut campur urusan dalam negerinya (Press TV)

Maduro mengecam bantuan itu, dengan mengatakan Presiden AS Donald Trump menggunakan krisis kemanusiaan Venezuela sebagai penutup rencana militernya di negara itu.

Guaido meminta para pendukungnya untuk tetap di jalan-jalan dan protes sampai Maduro mengizinkan konvoi bantuan AS untuk menyeberang ke Venezuela. Pemimpin oposisi itu juga menolak tawaran Pemerintah Venezuela untuk mengadakan pembicaraan dan mengatakan dia tidak mau berpartisipasi dalam dialog palsu.

Pernyataannya itu disampaikan sehari setelah Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengatakan, Caracas siap untuk duduk di meja perundingan dengan oposisi dan menyelesaikan krisis politik di negara Amerika Selatan.

Pada hari Jumat, seorang pejabat senior Gedung Putih mengungkapkan bahwa AS mengadakan komunikasi langsung dengan personel militer Venezuela untuk mendorong mereka meninggalkan Presiden Maduro.

Anggota tentara Venezuela kebanyakan setia kepada Presiden Maduro. Mereka mengatakan, mereka akan memberikan nyawa mereka untuk mempertahankan tanah air mereka.

Venezuela telah berada dalam kekacauan politik dalam beberapa minggu terakhir, dengan oposisi menyalahkan Maduro akibat ekonomi yang sakit, hiperinflasi, pemadaman listrik, dan kekurangan barang-barang pokok.

Maduro menuduh Washington mengobarkan perang ekonomi terhadap Caracas melalui sanksi yang memperburuk masalah-masalah negara. Trump memberlakukan sanksi baru pada industri minyak Venezuela awal bulan ini ketika ia secara resmi mengakui Guaido sebagai presiden.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Juan Guaido: Mungkin Intervensi Militer AS Dibutuhkan