alexametrics

Dituding Sedang Persiapkan Intervensi Venezuela, AS Membantah

9 Maret 2019, 14:05:25 WIB

JawaPos.com – Seorang pejabat tinggi keamanan Rusia menuduh Washington mengerahkan pasukan di Puerto Riko dan Kolombia dalam persiapan untuk melakukan intervensi militer di Venezuela guna menggulingkan Presiden Nicolas Maduro yang merupakan sekutu bagi Moskow. Namun Amerika Serikat membantahnya.

“Amerika Serikat sedang mempersiapkan invasi militer terhadap negara merdeka,” ujar Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev dalam sebuah wawancara dengan surat kabar mingguan Argumenty i Fakty via reuters beberapa waktu yang lalu.

“Pemindahan pasukan operasi khusus AS ke Puerto Riko, pendaratan pasukan AS di Kolombia dan fakta-fakta lain menunjukkan Pentagon memperkuat pasukannya di wilayah itu untuk menggunakannya dalam operasi untuk menghilangkan Maduro dari tampuk kekuasaan,” Kata Patrushev.

krisis venezuela, krisis, nicolas maduro, juan guaido, as, rusia,
Venezuela, yang telah terperosok ke dalam kekacauan politik, diguncang oleh bentrokan keras pada akhir pekan. Amerika Serikat dan sejumlah negara lain telah mendukung oposisi negara itu (Reuters)

Namun, utusan khusus AS untuk Venezuela, Elliott Abrams, ketika ditanya pada hari Selasa apakah Washington sedang bersiap untuk mengambil tindakan militer di Venezuela, menjawab dengan tegas, “Tidak, presiden mengatakan semua opsi ada di meja, dan itu buruk bagi Rusia untuk berbicara tentang intervensi militer setelah mereka memecah belah baik Georgia dan Ukraina,” kata Abrams.

Venezuela, yang telah terperosok ke dalam kekacauan politik, diguncang oleh bentrokan keras pada akhir pekan. Amerika Serikat dan sejumlah negara lain telah mendukung oposisi negara itu. Sementara Tiongkok dan Rusia mendukung pemerintah Maduro.

Para pejabat AS sebelumnya juga menolak tuduhan Rusia tentang rencana AS untuk Venezuela sebagai propaganda yang tidak berdasar.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Dituding Sedang Persiapkan Intervensi Venezuela, AS Membantah