alexametrics

Bayi Istri ISIS Asal Inggris Meninggal

9 Maret 2019, 13:47:28 WIB

JawaPos.com – Bayi laki-laki istri militan ISIS asal Inggris, Shamima Begum meninggal. Pasukan SDF yang mengelola kamp tempat remaja itu tinggal, mengonfirmasi kematiannya pada hari Jumat (8/3).

Seperti dilansir BBC, bayi itu meninggal karena pneumonia, menurut sertifikat medis. Usianya kurang dari tiga minggu. Seorang juru bicara Pemerintah Inggris mengatakan, kematian setiap anak adalah tragis dan sangat menyedihkan bagi keluarga.

bayi, istri isis, isis, begum, inggris, syria,
ISIS pernah menguasai sebagian Irak dan Syria lewat kekerasan yang brutal (Reuters)

Juru bicara itu mengatakan, Pemerintah Inggris secara konsisten menyarankan agar tidak melakukan perjalanan ke Syria dan akan terus melakukan apa pun yang mereka bisa untuk mencegah orang-orang ditarik ke dalam terorisme dan bepergian ke zona konflik berbahaya.

Begum meninggalkan Inggris pada tahun 2015 dengan dua teman dan ditemukan di sebuah kamp pengungsi Syria pada pertengahan Februari 2019. Dia ingin kembali ke Inggris tetapi sekarang telah dicabut kewarganegaraannya.

Suaminya, seorang militan ISIS asal Belanda bernama Yago Riedijk. Ia ditahan di penjara terdekat dan telah diberitahu tentang kematian bayinya itu.

Seorang paramedis mengatakan kepada BBC,  bayi itu, yang disebut Jarrah, telah menderita kesulitan bernapas. Dia dibawa ke dokter pada Kamis pagi sebelum dipindahkan ke rumah sakit, bersama ibunya, tetapi meninggal pada pukul 13:30 waktu setempat hari itu.

Begum telah kembali ke kamp dan anaknya dimakamkan di sana kemarin.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Bayi Istri ISIS Asal Inggris Meninggal