alexametrics

Australia Akhirnya Buka Pintu bagi Turis dan Pelajar

9 Februari 2022, 08:02:00 WIB

JawaPos.com – Australia akhirnya membuka pintu internasionalnya. Terhitung mulai 21 Februari nanti, semua pemegang visa Australia boleh masuk. Baik itu turis, pelajar, maupun pekerja. Syaratnya hanya negatif Covid-19 dan sudah divaksin lengkap.

Ini adalah kali pertama Negeri Kanguru itu membuka perbatasan untuk semua negara setelah menutup diri hampir dua tahun. ”Jika Anda sudah divaksin ganda, kami menanti untuk menyambut Anda kembali ke Australia,” ujar Scott Morrison, perdana menteri Australia, seperti dikutip Agence France-Presse.

Australia merupakan salah satu negara yang menerapkan aturan ketat terkait pandemi. Mereka sudah menutup pintu untuk turis sejak Maret 2020 atau di masa awal pandemi. Tujuannya adalah menekan angka penularan virus SARS-CoV-2. Penduduk Australia juga dilarang meninggalkan negara tersebut. Pemerintah Australia sempat melakukan travel bubble dengan Selandia Baru tahun lalu. Itu pun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kebijakan pemerintah tersebut membuat banyak keluarga terpisah. Mereka yang ada di luar negeri sebelum pandemi tidak bisa pulang. Industri pariwisata yang selama ini jadi andalan juga harus tiarap.

Menurut Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Australia, tiap bulan bisnis di negara tersebut rugi USD 2,6 miliar (Rp 37,4 triliun) imbas dari kebijakan tersebut.

Karena itulah, langkah membuka lagi perbatasan langsung disambut gembira oleh berbagai pihak. Kadin Australia mengungkapkan bahwa langkah tersebut akan membuat sektor wisata pulih serta menyelamatkan bisnis dan mata pencaharian. Penduduk Australia juga tak kalah gembira. ”Ini menyenangkan. Rasanya seperti akhir dari periode kerajaan pertapa,” ujar Marshall McDonald, penduduk Melbourne.

Meski perbatasan internasional dibuka, pergerakan di dalam Australia terbatas. Australia Barat masih menutup diri untuk orang yang bukan penduduk. Ibaratnya, untuk sementara, lebih mudah bepergian dari Sydney ke Paris, Prancis, daripada Sydney ke Perth.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c9/bay)

Saksikan video menarik berikut ini: