JawaPos Radar

Netanyahu Minta Bulgaria Buka Kedutaan di Yerusalem

08/09/2018, 11:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
netanyahu,
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berharap pembukaan Konsulat Kehormatan Bulgaria di Yerusalem akan menjadi langkah pertama menuju pembukaan Kedutaan Bulgaria di sana (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berharap pembukaan Konsulat Kehormatan Bulgaria di Yerusalem akan menjadi langkah pertama menuju pembukaan Kedutaan Bulgaria di sana. Dilansir dari Bulgarian News Agency beberapa waktu lalu, hal itu diungkapkan Netanyahu di sebuah konferensi pers.

Netanyahu mengatakan, aspek yang paling berharga pada hubungan bilateral adalah rasa hormat orang Israel kepada orang-orang Bulgaria. "Ini karena kita semua adalah bagian dari peradaban yang sama. Tetapi pada saat ini peradaban sedang diserang, kebanyakan oleh fraksi radikal, Islam radikal, dan Islam teror," katanya.

Dia menambahkan, tidak ada satupun orang yang terhindar dari teror serangan kelompok tersebut. Dia tampaknya mengacu pada pengeboman bus tahun 2012 di Kota Laut Hitam Bulgaria, Bourgas, yang menewaskan lima warga Israel, turis, dan sopir bus Bulgaria.

Perdana Menteri Boyko Borisov mengatakan, penyelidikan serangan itu menunjukkan layanan investigasi dari kedua negara mampu bekerja bersama-sama. Menurutnya, upaya harus difokuskan pada pikiran dan zaman internet telah menghapus semua batasan.

Bagi Borisov, agama itu penting bagi orang-orang tetapi perdamaian, toleransi, dan pengertian adalah yang paling penting. Dia menyatakan harapan bahwa pertemuan bersama kedua pemerintah akan diadakan di Bulgaria sebelum akhir tahun ini.

Borisov mengatakan, penting untuk memiliki hubungan persahabatan dan kepercayaan dengan Perdana Menteri Netanyahu karena Israel memainkan peran kunci dalam melepas simpul rumit di Timur Tengah.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up