alexametrics

Lockdown Dicabut, Warga Sudah Bebas Keluar-Masuk Wuhan

8 April 2020, 16:49:24 WIB

JawaPos.com – Deretan mobil mengantre di gerbang jalan tol dan para penumpang bersiap menaiki kereta api untuk meninggalkan Wuhan, kota di Tiongkok bagian tengah yang sempat terkena dampak paling parah dari wabah penyakit korona (Covid-19). Seperti diketahi, korona pertama kali menjangkiti wilayah Wuhan.

Wuhan telah mencabut larangan perjalanan keluar, membongkar pos-pos pemeriksaan kendali lalu lintas, dan kembali mengoperasikan stasiun kereta, bandara, transportasi air, jalan bebas hambatan, dan bus secara tertib mulai Rabu (8/4) setelah penerapan karantina wilayah (lockdown) selama hampir 11 pekan untuk membendung penyebaran Covid-19.

Kota itu pun mulai tampak bergeliat. Mobil-mobil juga mulai tampak berlalu-lalang di jalanan kota tersebut. Salah seorang yang ingin segera keluar dari Wuhan adalah Guo Lei. Dia diwawancarai di dekat pintu tol ke arah luar kota Wuhan. ”Saya tak sabar lagi ingin kembali ke kampung halaman,” ucap pria yang berasal dari Provinsi Shandong di Tiongkok bagian timur itu.

Pada 23 Januari lalu, pemerintah Tiongkok memberlakukan larangan perjalanan di Wuhan, yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pertaruran tersebut termasuk menangguhkan transportasi umum di kota tersebut serta semua penerbangan dan perjalanan kereta api keluar kota sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran wabah virus  yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia tersebut. (Xinhua/Antara)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara



Close Ads