alexametrics

Mundur, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS tak Sampaikan Alasan

8 April 2019, 15:17:48 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali kehilangan salah satu pejabatnya di kabinet. Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat Kirstjen Nielsen mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu (7/3).

Nielsen merupakan orang yang mengawasi kebijakan imigrasi kontroversial Trump selama masa jabatan 16 bulan terakhir. Nielsen yang telah menjadi Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat sejak Desember 2017 itu tidak menjabarkan alasan pengunduran dirinya.

Seperti dilansir BBC, Nielsen hanya mengatakan, ini adalah waktu yang tepat baginya untuk mundur. Dalam sebuah cuitan di Twitter, Nielsen mengatakan, jabatannya merupakan sebuah kehormatan besar.

Nielsen merupakan sosok yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan pembangunan tembok perbatasan yang diusulkan Trump dan kebijakan pemisahan keluarga migran yang kontroversial. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), mundurnya Nielsen dari jabatannya terjadi beberapa hari setelah Trump mengunjungi perbatasan selatan.

Trump sendiri baru-baru ini sempat mengancam akan menutup perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko. Namun ia kemudian menarik ancamannya dan berjanji akan memberi Meksiko waktu setahun untuk menghentikan narkoba dan migran yang menyeberang ke Amerika Serikat.

“Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen akan meninggalkan posisinya. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas pelayanannya,” tulis Trump.

Dalam cuitan lain, Trump mengatakan, Komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika Serikat saat ini, Kevin McAleenan akan mengisi posisi yang ditinggalkan Kirstjen sementara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia



Close Ads