alexametrics

Menlu AS Tuding Iran Pengaruhi Venezuela

8 Februari 2019, 10:46:46 WIB

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berusaha menjelaskan keinginan Washington mendorong perubahan rezim di Caracas. Ia mengatakan, Kuba menduduki Venezuela. Ia juga mengklaim Iran dan Hizbollah memiliki pengaruh terhadap Venezuela.

Dilansir dari RT pada Kamis (7/2), usai membuat tuduhan campur tangan Rusia dan Tiongkok di Venezuela, Pompeo mengungkapkan alasan campur tangan AS di Venezuela.”Orang-orang tidak mengakui kalau Hizbollah memiliki sel aktif dan Iran mempengaruhi orang-orang Venezuela dan di seluruh Amerika Selatan. Kami memiliki kewajiban untuk mengambil risiko itu untuk Amerika,” ujarnya.

Tampaknya Pompeo memiliki masalah dengan geografi. Baru-baru ini ia berbagi peta aneh di Twitter yang menampilkan negara-negara yang tidak ada di timur dan barat Turki. Saat wawancara, ia juga membuat beberapa deklarasi membingungkan lainnya, seperti merujuk pada pemimpin Venezuela yang mendeklarasikan dirinya sendiri, Juan Guaido sebagai ‘yang terpilih’, meskipun politisi yang didukung Washington itu bahkan tidak pernah mencalonkan diri sebagai presiden.

menlu as, iran, venezuela,
Sanksi AS, lanjutnya Pompeo, tidak ditujukan pada rakyat Venezuela. Namun untuk membuat hasil yang bagus bagi Venezuela (AFP)

Ketika ditanya mengapa masalah Venezuela sangat penting bagi Amerika, Pompeo menjawab, “Nilai-nilai Amerika sedang dipertaruhkan di Venezuela.” Dia percaya campur tangan AS dalam urusan internal Venezuela adalah kewajiban meskipun tahun lalu ia khawatir soal campur tangan asing dalam pemilihan AS.

Sanksi AS, lanjutnya Pompeo, tidak ditujukan pada rakyat Venezuela. Namun untuk membuat hasil yang bagus bagi Venezuela.

Pompeo secara terbuka berpendapat, sanksi AS terhadap Iran dimaksudkan untuk melakukan perubahan rezim di sana dengan membuat penduduknya kelaparan. Sedangkan di Venezuela, sanksi AS dilakukan untuk kebaikan rakyat Venezuela karena mereka menentang Maduro.

Pakar HAM PBB Idriss Jazairy mengatakan, sanksi terhadap Venezuela dapat menyebabkan kelaparan dan kekurangan di bidang medis.

Bahkan jika sanksi di Venezuela tak berakhir dengan cukup baik, maka AS tak mengesampingkan rencana B, yakni invasi militer. Seperti dilansir RT, Trump mengatakan kepada CBS, kalau opsi militer masih dipikirkan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Menlu AS Tuding Iran Pengaruhi Venezuela