alexametrics

Peneliti Gunakan Permen Karet untuk Menangkap Partikel Virus Covid-19

7 Desember 2021, 10:21:54 WIB

JawaPos.com – Sebuah penelitian mengungkapkan khasiat permen karet untuk menangkap partikel Covid-19. Tujuannya untuk membatasi keberadaan virus dalam air liur.

Para peneliti percaya bahwa dalam penelitian terungkap bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mencegah penularan saat orang sakit berbicara, bernapas, atau batuk. Menurut Science Alert, para peneliti ingin mengembangkan permen karet eksperimental yang akan membantu mencegah penyebaran virus Korona. Ini akan berfungsi dengan mengurangi jumlah virus di mulut seseorang.

Permen karet umumnya dianggap dapat membersihkan gigi. Selain itu, beberapa bisnis mengiklankannya untuk membantu orang meningkatkan kesehatan gigi.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, permen karet mengandung bahan penting seperti bikarbonat dan kalsium, yang menurunkan jumlah bakteri berbahaya di mulut dan membantu mencegah masalah gigi. Kali ini, para ilmuwan tertarik untuk melihat apakah permen karet sederhana dapat membantu mengekang penyebaran virus Korona.

Protein ACE 2 akan digunakan dalam permen karet eksperimental, menurut para peneliti. Partikel virus yang ada di dalam mulut sekarang akan dibatasi agar virus tak menyebar ke sel dan orang lain.

Para peneliti mengumpulkan sampel air liur dari pasien Covid-19 untuk penelitian. Mereka kemudian menggabungkannya dengan permen karet bubuk. Jumlah partikel virus SARS-CoV-2 ditemukan jauh lebih rendah pada pasien yang mengunyah permen karet tanpa protein ACE2 (plasebo).

Selanjutnya, 50 mg permen karet ditemukan mengurangi penyebaran virus hingga 95 persen. Ini memberikan para peneliti harapan bahwa permen karet yang menyatu dengan protein ACE2 akan mencegah protein lonjakan mencapai sel manusia.

Masih Diuji

Para ahli masih menguji terkait manfaat permen karet dalam menangkal virus di laboratorium. Mereka belum menguji dampaknya pada individu yang sebenarnya.

Selain itu, mulut setiap orang berbeda dalam hal jumlah bakteri di dalam mulut dan suhu. Waktu mengunyah yang diperlukan untuk membuatnya beroperasi belum ditentukan oleh para peneliti. Dokter gigi dan profesional lainnya mungkin bisa menggunakan permen karet ini untuk membantu mencegah penyebaran virus di bangsal dan klinik Covid-19.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads