alexametrics

Cerita 5 Pasien Kena Varian Omicron, Sakit Tenggorokan hingga Demam

7 Desember 2021, 09:54:38 WIB

JawaPos.com – India melaporkan lima kasus Covid-19 varian Omicron. Semua kasus dilaorkan mengalami gejala ringan. “Sejumlah kasus mengalami sakit tenggorokan, lemas, dan nyeri tubuh,” kata anggota parlemen LNJP dr Suresh Kumar, seperti dilansir News18.com.

Sementara, dokter Afrika Selatan yang pertama kali menangani pasien Omicron mengatakan bahwa varian tersebut telah memunculkan gejala yang berbeda dari yang sebelumnya. Sebanyak 17 pasien Covid-19 lainnya dan enam dari kontak mereka yang dirawat sebagian besar tidak menunjukkan gejala.

Meski penelitian tentang Omicron masih dalam tahap awal dan tidak banyak diketahui tentang variannya, kasus yang dilaporkan di India dan negara lain menunjukkan bahwa gejalanya seperti flu biasa dan tidak seperti kasus Covid-19 varian lain. Karakteristik baru ini mungkin karena mutasinya menurut para ilmuwan.

Sebanyak 5 pasien di India bercerita tentang bagaimana gejala yang mereka alami saat terinfeksi varian Omicron. Rata-rata tanpa gejala hingga gejala ringan.

1. Tanpa Gejala
Kasus varian Omicron pertama di India terjadi pada warga negara Afrika Selatan berusia 66 tahun yang meninggalkan negara itu setelah memberikan laporan negatif Covid-19 dari laboratorium swasta. Pasien pertama kali dinyatakan positif pada 20 November, dan tiga hari kemudian dinyatakan negatif. Dia benar-benar tanpa gejala.

2. Gejala Ringan
Kasus varian Omicron kedua di India adalah dokter berusia 46 tahun tanpa riwayat perjalanan internasional. Pada 21 November, dokter yang juga ahli anestesi, melaporkan gejala ringan dan menjalani tes. Sampelnya dikirim untuk pengurutan genom karena laporannya memiliki nilai CT yang rendah, menunjukkan viral load yang sangat tinggi, dan positif terkena varian Omicron.

3. Sakit Tenggorokan dan Lemas
Kasus varian Omicron ketiga di India adalah seorang pria berusia 72 tahun dari Zimbabwe yang tiba di Jamnagar Gujarat. Dari gejala, pria berusia 72 tahun itu mengalami sakit tenggorokan dan lemas.

4. Demam Ringan
Seorang insinyur kelautan berusia 33 tahun menjadi pasien Omicron keempat. Dia tidak divaksinasi karena berada di kapal sejak April, menurut pejabat Korporasi Kota Kalyan Dombivili. Pada 24 November, ia mengalami demam ringan.

5. Demam dan Nyeri Otot
Yang terbaru adalah seorang pria berusia 37 tahun yang tiba di Delhi dari Tanzania, menjadikannya kasus pertama varian Omicron di ibu kota negara. “Dia dirawat di rumah sakit pada 2 Desember dengan gejala ringan sakit tenggorokan, demam, dan nyeri otot,” kata seorang dokter.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads