JawaPos Radar

Mantan Sekjen ASEAN Asal Thailand Meninggal karena Serangan Jantung

07/12/2017, 21:09 WIB | Editor: Dwi Shintia
Surin Pitsuwan
DULU: Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (tengah) menyerahkan sebuah dokumen kepada Surin Pitsuwan (kanan) November 2012 lalu. (ROMEO GACAD/AFP)
Share this image

JawaPos.com - Mantan Sekretaris Jenderal ASEAN yang juga mantan Menteri Luar Negeri Thailand Dr Surin Pitsuwan meninggal dunia pada Kamis (30/11) karena serangan jantung. Surin dikenal sebagai politisi veteran.

Beliau adalah Wakil Pemimpin Partai Demokrat sekaligus menjabat di National Reconciliation Commission (NRC) di mana tugasnya adalah membawa perdamaian dan keamanan ke pedalaman selatan Thailand.

Surin dinominasikan oleh Royal Thai Government dan disahkan oleh ASEAN Leaders untuk menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN periode 2008-2012. Surin dilaporkan meninggal dunia sebelum berpidato di Bangkok dan dilarikan ke Ram khamhaeng Hospital, dimana dia dinyatakan meninggal dunia pada Kamis sore karena serangan jantung.

Akun resmi ASEAN menyampaikan rasa duka cita mereka “Kami sangat sedih mengetahui bahwa Surin Pitsuwan, mantan Sekretaris Jenderal ASEAN berpulang hari ini. Ini adalah kehilangan besar bagi Thailand dan ASEAN Community. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya”, demikian dalam akun Twitter resmi ASEAN.

Minatnya di bidang keamanan membuat dia aktif di banyak institusi. Surin bekerja sebagai penasihat International Commision on Intervention and State pada 1999-2001 dan kemudian diangkat sebagai anggota Commission on Human Security PBB sampai tahun 2003.

Surin juga merupakan anggota “Wise Men Group” di bawah naungan Henri Dunant Center for Humanitarian Dialogue (HDC) di Jenewa, menasihati perundingan perdamaian antar aGerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Republik Indonesia.(*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up