alexametrics

Pertama Kalinya Dua Perempuan Muslim Terpilih Dalam Kongres AS

7 November 2018, 16:19:18 WIB

Jawapos.com – Dua perempuan Muslim kader Partai Demokrat, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib menjadi perempuan Muslim pertama yang resmi menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS). Mereka terpilih pada saat Pemilihan Umum Sela AS pada Selasa, (6/11).

Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota dengan meraup 78,4 persen suara. Dia mengalahkan kandidat lain dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen.

Pengungsi dari Somalia ini menggantikan Keith Ellison, dan ia pun didapuk sebagai Jaksa Minnesota. Dia juga merupakan anggota Somalia-AS pertama.

perempuan muslim, kongres as, as, tlaib, omar,
Tlaib juga pernah dipenjara pada 2016 karena mengganggu pidato Presiden AS Donald Trump di Detroit (Picture-Alliance)

Omar juga mendapat dukungan Ocasio-Cortez dalam perlombaan utamanya. Ia maju ke Kongres AS karena telah menjadi kritikus terbuka atas perlakuan Pemerintah Israel terhadap Palestina.

Sedangkan Tlaib yang merupakan politisi keturunan Palestina memenangkan kursi House of Representatives dari Michigan. Ia akan mengisi kursi John Conyers dari Republik yang mundur pada tahun lalu akibat dugaan pelecehan seksual.

Seperti dilansir dari CNN, dia juga pernah dipenjara pada 2016 karena mengganggu pidato Presiden AS Donald Trump di Detroit. “Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insya Allah,” ujar Omar di Twitternya.

Selain kedua perempuan muslim ini, politisi muslim lainnya yang terpilih adalah Andre Carson dari Demokrat. Ia terpilih untuk menduduki kursi Negara Bagian Indiana.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)


Close Ads
Pertama Kalinya Dua Perempuan Muslim Terpilih Dalam Kongres AS