alexametrics

Anak Imigran Palestina Penentang Trump Menangkan Kursi Kongres AS

7 November 2018, 20:51:33 WIB

Jawapos.com –  Anak seorang imigran Palestina, Rashida Tlaib memenangkan kursi Kongres AS di distrik 13 Michigan, Amerika Serikat (AS). Dilansir The Associate Press, Tlaib berhasil memperoleh 88,7 persen suara dan mengalahkan dua rivalnya Sam Johnson dan Eta Wilcoxon yang masing-masing memperoleh 8 persen dan 3,3 persen suara.

Tlaib, 42 tahun, juga memiliki sejarah mendobrak hal tabu. Pada 2008 ia menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih jadi anggota Kongres AS.

Ia adalah anak tertua dari 14 bersaudara, Tlaib lahir dari keluarga imigran Palestina di Detroit, ayahnya bekerja di pabrik Ford Motor Co.

kongres as, tlaib, anak imigran palestina,
Tlaib, 42 tahun, juga memiliki sejarah mendobrak hal tabu. Pada 2008 ia menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih jadi anggota Kongres AS (Reuters)

Tlaib mendukung Medicare for All, sebuah reformasi imigrasi dan panggilan untuk membatalkan perintah eksekutif Trump yang melarang sebagian besar orang dari lima negara mayoritas Muslim memasuki Amerika Serikat.

Media Michigan melaporkan bahwa Tlaib telah menang. Tlaib menghubungkan kampanyenya dengan lonjakan aktif politik perempuan di Amerika Serikat setelah kemenangan Trump 2016 yang menakjubkan, yang menyinggung jutaan wanita yang turun ke jalan-jalan di Washington dan kota-kota besar di seluruh negeri setelah pelantikannya.

“Hari ini, wanita di seluruh negeri ada di surat suara. Ya, kami berbaris di luar Capitol, tetapi sekarang kami berbaris ke Capitol,” tulisnya di Twitter pada hari Selasa. “Kami datang!”

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (uji/JPC)


Close Ads
Anak Imigran Palestina Penentang Trump Menangkan Kursi Kongres AS