Ratusan Tengkorak Korban Kekerasan Terkait Narkoba Ditemukan

07/09/2018, 13:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Setidaknya ada 166 tengkorak manusia ditemukan di sebuah kuburan massal di negara bagian timur Veracruz di Meksiko Timur. Lokasi sebenarnya tidak diungkapkan karena alasan keamanan (Forbes)
Share this

JawaPos.com - Setidaknya ada 166 tengkorak manusia ditemukan di sebuah kuburan massal di negara bagian timur Veracruz di Meksiko Timur. Lokasi sebenarnya tidak diungkapkan karena alasan keamanan. Jaksa Penuntut Umum Jorge Winckler mengatakan, tengkorak dan sisa-sisa manusia lainnya telah berada di sana setidaknya selama dua tahun.

Pada Maret 2017, 250 tengkorak lainnya ditemukan di kuburan massal di lokasi lain di sana. Dilansir BBC, para pengedar narkoba telah menggunakan daerah Veracruz sebagai tempat pembuangan bagi korban mereka selama bertahun-tahun.

Winckler mengatakan, peneliti juga menemukan sekitar 200 barang, pakaian, lebih dari 100 kartu identitas, dan barang-barang pribadi lainnya. Pejabat memfokuskan pada tengkorak untuk menghitung jumlah pasti korban.

Narkoba telah menjadi sumber kekerasan di Meksiko selama bertahun-tahun (Jawapos)

Drone dan radar penembus tanah membantu untuk menemukan sisa-sisa lainnya, dan tentunya ahli forensik yang masih bekerja di tempat kejadian. "Kemungkinan ada jumlah yang lebih besar, dan tidak dipungkiri akan ada jumlah korban yang lebih banyak," kata Winckler.

Para kerabat dari orang-orang yang telah lama menghilang di Meksiko, telah lama berkampanye agar lebih banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah atau aparat untuk membantu mereka menemukan orang-orang yang mereka cintai.

Kekerasan terkait narkoba di Meksiko telah melonjak sejak 2006 ketika tentara dikerahkan untuk memerangi kartel yang punya posisi kuat. Sejak itu lebih dari 200.000 orang tewas, termasuk 28.702 pada tahun lalu. 37.000 orang lainnya terdaftar sebagai hilang. Korban termasuk anggota kartel tetapi juga migran yang menuju ke AS yang menolak untuk direkrut.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi