JawaPos Radar

Jumlah Korban Tewas Gempa Hokkaido Meningkat Jadi 16 Orang

07/09/2018, 20:39 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
gempa, jepang
Gempa kembali guncang Jepang, gempa dengan kekuatan 6,6 skala richter (SR) landa pulau Hokkaido pada Kamis (6/9). Pascagempa warga harus bertahan tanpa aliran listrik yang terputus akibat gempa yang juga memicu tanah longsor (Kyodo News)
Share this

JawaPos.com - Gempa kembali guncang Jepang, gempa dengan kekuatan 6,6 skala richter (SR) landa pulau Hokkaido pada Kamis (6/9). Pascagempa warga harus bertahan tanpa aliran listrik yang terputus akibat gempa yang juga memicu tanah longsor.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan, korban tewas akibat gempa sebanyak 16 orang dan separuh dari 5,3 juta penduduk masih hidup tanpa listrik pada Jumat (7/9). Gempa 6,6 S, yang melanda Hokkaido dini hari tersebut memicu tanah longsor yang mengubur rumah-rumah dan melumpuhkan Hokkaido dengan pemadaman listrik dan transportasi yang meluas.

Sementara itu menurut pihak manajemen bencana sebanyak 26 orang lainnya masih hilang. Pulau Hokkaido sendiri merupakan tujuan wisata yang terkenal dengan gunung-gunung, danau hingga makanan lautnya. Namun semua kekuatan terasa hilang setelah gempa ketika Hokkaido Electric Power Co menutup pembangkit listrik berbahan bakar fosil sebagai tindakan pencegahan.

Bencana tersebut mempengaruhi jumlah pengunjung yang otomatis mengalami penurunan dari 2,95 juta pengunjung menjadi 1,31 juta menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri. Menteri Perindustrian Hiroshige Seko mengatakan, dibutuhkan waktu setidaknya seminggu untuk memulihkan keadaan seperti semula.

Gempa Hokkaido lantas jadi bencana kedua yang melanda Jepang setelah Topan Jebi minggu ini. Seperti dilansir Channel News Asia menurut operator, Bandara Internasional Kansai telah ditutup sejak Topan Jebi menerobos Osaka pada Selasa lalu, meskipun beberapa penerbangan domestik yang dioperasikan oleh Japan Airlines (JAL) dan maskapai penerbangan murah ANA Peach Aviation dilanjutkan hari ini.

New Chitose JAL sedang dipersiapkan kembali untuk memulai beberapa penerbangan di bandara utama Hokkaido dan penerbangan akan dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat menurut seorang juru Bicara. Selain itu, JR Hokkaido berencana untuk melanjutkan operasi kereta peluru yang dimulai siang ini.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up