Indonesia Sayangkan AS Hentikan Bantuan ke Palestina

07/09/2018, 06:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
AS hentikan bantuan terhadap Palestina (Guardian)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dibawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump menghentikan bantuan dana untuk Badan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA. Padahal sepertiga dana UNRWA berasal dari AS. Menanggapi hal ini, Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) menyayangkan tindakan AS.

Menurut Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, AS memerankan peran cukup penting dalam hal bantuan ke UNRWA. "Intinya memang kita menyayangkan sikap AS yang menghentikan semua bantuan dan kontribusinya ke UNRWA, karena AS memainkan peran yang cukup penting," kata Arrmanatha saat ditemui di Kemlu pada Kamis, (6/9).

Selanjutnya, dia juga mengatakan bahwa selama ini bantuan UNRWA adalah untuk anak-anak dan perempuan. Bantuan tersebut juga disalurkan demi pendidikan dan kesehatan mereka.

Warga Palestina sangat membutuhan bantuan internasional (Reuters)

Indonesia mengakui pada tahun 2018 menyumbang 200 ribu USD kepada UNRWA. Menurut Arrmanatha bantuan itu diberikan menyesuaikan dengan kemampuan Indonesia.

Menurut data UNRWA, Indonesia terakhir menyumbang pada tahun 2016 yaitu sebesar USD 5000. Baru pada tahun 2017, Indonesia tak menyumbangkam dana sama sekali kepada badan PBB tersebut.

"Kita Indonesia bekerja sama berbagai stakeholder di dalam negeri baik itu NGO maupun dermawan. Indonesia terus memberikan bantuan kepada palestina," jelas Arrmanatha.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi