Presiden Meksiko Terpilih Undang Trump ke Pelantikannya

07/07/2018, 06:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Presiden terpilih Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan, ia akan mengundang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada pelantikannya 1 Desember mendatang (Mexico News)
Share this

JawaPos.com - Presiden terpilih Meksiko Andrea Manuel Lopez Obrador mengatakan, ia akan mengundang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada pelantikannya 1 Desember mendatang. Selain Trump, ia juga rencananya akan mengundang Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan kepala negara lainnya.

“Undangan akan dikirim ke Donald Trump. Kami adalah negara tetangga, kami memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan, dan ikatan pertemanan," kata Obrador dilansir dari Reuters, Jumat, (6/7).

Hubungan keduanya akan terlihat apakah mereka bisa mengatasi masalah ketegangan imigrasi, renegosiasi, Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), juga permintaan Trump kalau Meksiko harus membayar dinding perbatasan antara AS dan Meksiko. Obrador ingin menjalin kesepakatan dengan Trump.

Obrador siap undang Trump ke pelatikannya (AFP)

AS membantu pembangunan ekonomi di Meksiko dan Amerika Tengah. Meksiko bekerja untuk mengurangi migrasi dari Amerika Tengah.

Obrador menyinggung masalah dengan Trump melalui panggilan telepon yang katanya ramah dan hormat. Trump mengatakan dia merasa hubungan itu akan menjadi sangat bagus.

Tim Obrador juga sedang mempersiapkan pertemuan bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Presiden Enrique Pena Nieto.

"Kami akan menerapkan kebijakan luar negeri nonintervensi, penentuan nasib sendiri bagi bangsa-bangsa," kata Obrador. Nonintervensi dalam urusan negara-negara lain telah menjadi landasan kebijakan luar negeri Meksiko.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi